Home » » Disdukcapil Proses Bantuan Uang Duka Termin Ketiga

Disdukcapil Proses Bantuan Uang Duka Termin Ketiga

Written By suara rakyat on Friday, August 28, 2015 | 3:47 PM

Tegal, (suararakyattegal.com) - Di tahun 2015 ini, Dinas Pedudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal telah dua kali menyalurkan bantuan uang duka bagi warga tidak mampu. Termin pertama sebanyak 60 orang sedangkan termin kedua
sebanyak 50 orang. Sementara termin ketiga, Disdukcapil sedang memproses untuk diajukan ke Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah  (DPPKAD) Kota Tegal.
“Sementara sedang diajukan termin ketiga. Minggu depan mulai Senin (31/8) mendatang dan kemungkinan awal September bisa dicairkan,” ungkap Plt Kepala Disdukcapil Kota Tegal Hartoto, SI Pem MSi melalui Kasubag Keuangan Disdukcapil Kota Tegal, Nurcahyati, Rabu (26/8), kemarin.
Besarnya bantuan uang duka yang diberikan kepada ahli waris, lanjut Nurcahyati, sebesar Rp 500 ribu. Untuk mendapatkan bantuan uang duka, ahli waris harus melengkapi persyaratan yang ditentukan. Antara lain memiliki KTP Kota Tegal, memiliki kartu Jamkesmas/Jamkesta Putih/Kartu JKN , diajukan kepada wali kota melalui kepala dinas dan mengisi pakta integritas dari penerima atau ahli waris yang menyatakan bahwa bantuan sosial uang duka yang diterima akan digunakan untuk mengganti biaya pengurusan jenazah.
“Saat ini termin ketiga sedang dilaksanakan input oleh petugas,” ungkap Nurcahyati.
Sementara mengenai surat permohonan yang diajukan oleh ahli waris atau orang tua dari anak lahir mati, pelayanannya disederhanakan tanpa tandatangan lurah dan camat. 
“Cukup mengetahui ketua RT dan RW. Karena pihak kelurahan sudah mengeluarkan akte kematian. Hal ini sesuai instruksi Permendagri agar pelayanan kepada masyarakat untuk disederhananakan,” ungkapnya.
Sementara, Wali Kota Tegal Hj Siti Masitha Soeparno meminta, petugas untuk tertib administrasi dalam melayani kebutuhan masyarakat. Selain itu kecepatan pelayanan juga diterapkan agar masyarakat tidak lama menunggu sebagai upaya mewujudkan visi Kota Tegal. “Saya ingin mewujudkan Kota Tegal yang sejahtera dan bermartabat berbasis pelayanan prima,” tegasnya.
Adapun dalam acara rutin berkantor di SKPD-SKPD yang dilaksanakan sekali dalam satu minggu, seperti halnya wali kota saat berkantor di Disdukcapil, beliau berkesempatan melihat secara langsung pelayanan di loket pelayanan kepada masyarakat. Mulai dari pelayanan pendaftaran penduduk untuk Kartu Keluarga (KK), Surat pindah, pindah datang dan surat keterangan. Untuk pelayanan akta-akta catatan sipil seperti akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, akta perceraian, kutipan II dan surat keterangan. Tio(R)

Share this article :