Home » , » Kabupaten Brebes Miliki Ketahanan Ekonomi Yang Kuat

Kabupaten Brebes Miliki Ketahanan Ekonomi Yang Kuat

Written By suara rakyat on Sunday, August 9, 2015 | 11:58 PM

Brebes, (suararakyattegal.com) - Ekonomi kerakyatan, menjadi pilar penguat bagi ketahan ekonomi nasional yang muaranya memperkokoh ketahan Nasional. Untuk itu, perlu langkah-langkah kongkrit menguatkan ekonomi kerakyatan, yang bersentuhan langsung dengan pelaku-pelaku ekonomi dan masyarakat terutama bagi warga Brebes.
Hal tersebut disampaikan mantan asisten I Sekda Brebes Drs HM Supriyono saat menyampaikan materi sarasehan Ketahan ekonomi nasional di gedung IBI jalan raya pesantunan, Belum lama ini.
Menurut Supriyono, kebutuhan paling dasar manusia adalah pangan atau dalam arti luasnya ekonomi. Bila kebutuhan paling dasar sudah terpenuhi maka selanjutnya adalah aktualisasi atau yang lebih sering dikenal kebutuhan politik. Namun untuk memenuhi kebutuhan dasar diperlukan kebijakan pemerintah yang pro rakyat. 
“Bila pembangunan di bidang ekonomi berhasil, maka ada efek luas (multy player effect),” kata Supriyono. 
Dia menjelaskan, pembangunan ekonomi berbasis kearifan lokal akan lebih mampu bertahan dibandingkan dengan ekonomi yang digerakan para konglomerat. Terbukti pada krisis ekonomi tahun 1997/1998 ketahanan para ekonomi konglomerat telah banyak labil bahkan gulung tikar. Jusrtru perekonomian rakyat yang berbasis kearifan lokal khususnya Kabupaten Brebes lebih stabil bahkan meraup keuntungan karena harga bawang jadi mahal, tambak udang juga berhasil karena dengan harga standar US Dollar. 
Pemkab Brebes, kata Supriyono, harus terus mengembangkan kearifan lokal yang dimilikinya seperti batik salem, anyaman bamboo, tali tambang, rebana, keramik, jajanan pasar, kacang klitik klikiran, dan tak ketinggalan bawang merah dan telor asin. “Semua UMKM tersebut harus terus dilakukan pembenahan dan peningkatan daya saingnya dengan didukung regulasi dari Pemkab,” tandasnya.
Pembukaan acara dilakukan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE yang diwakili Asisten 3 Sekda Brebes Drs H Kustoro MM. Dalam kata sambutannya, Bupati mengatakan kekayaan alam dan banyaknya kearifan lokal bidang ekonomi di Kabupaten Brebes menunjukan kemakmuran yang melimpah. Namun patut diwaspadai adanya perilaku yang tidak mendukung perkembangan ekonomi kerakyatan. Karena maju mundurnya kehidupan sosial ekonomi diperlukan kemantapan peran serta masyarakat. 
“Warga Brebes jangan sampai rendah diri, karena ekonomi yang kita miliki sangat kuat peningkatan produktivitas dan kreativitas pelaku ekonomi kerakyatan untuk mengembangkannya,” ujarnya. 
Pelaku ekonomi, lanjutnya, hendaknya menjadi agen utama perubahan pembangunan perekonomian di daerah. 
Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Brebes Joko Heriyanto menjelaskan, kegiatan diikuti 90 peserta pelaku ekonomi kerakyatan. Mereka berasal dari Kecamatan Wanasari dan Bulakamba. 
Peserta juga mendapatkan paparan materi dari Dandim 0713/Brebes Efdal Nazra yang diwakili Danramil Wanasari Hartoyo. Tio(R)

Share this article :