Home » , » Obyek Wisata Cipanas Paguyangan Diserbu Pengunjung

Obyek Wisata Cipanas Paguyangan Diserbu Pengunjung

Written By suara rakyat on Saturday, August 1, 2015 | 5:28 PM

Paguyangan, (Suararakyattegal.com) – Ribuan pengunjung berbondong-bondong ke lokasi Obyek Wisata Air Panas Tirta Husada di desa Kedungoleng Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, untuk menikmati liburan dipasca lebaran Idul Fitri kemarin. Pasalnya lokasi OW Cipanas tersebut lokasi yang sangat mudah dijangkau oleh masyarakat Brebes bagian selatan, hanya berjarak sekitar 2 Km dari pusat kota Kecamatan Paguyangan. Disamping itu harga karcis masuknya sangat relatif  dan terjangkau bagi pengunjung, dan lokasi tersebut juga bermanfaat bagi pengunjung yang mengalami gangguan penyakit kulit, bisa berendam di kolam yang mengandung belerang. yang konon bisa untuk media penyembuhan.
Menurut Manajer OW Cipanas Paguyangan M. Rifai mengatakan, memang bukan dihari libur lebaran saja OW yang dikekolanya, tetapi dihari libur biasapun sering dikunjungi oleh pengunjung baik dari masyarakat lokal maupun luar kota. Apalagi terbukti kemarin pada awal liburan paska lebaran, hampir tiap harinya hingga hari terakhir liburan lebaran, pekan diserbu tercatat mencapai 1000 - 1500 lebih pengunjung untuk menikmati mandi dan berendam di air panas yang mengandung  belerang dengan berkadar tinggi/panas dibandingkan OW air panas lainnya. Sedangkan harga tanda masuk setiap pengunjung hanya dipungut Rp 5000, Jelas Rifai saat ditemui dilokasi Belum lama ini 
Lebih lanjut Rifai menerangkan lokasi OW yang dia kelola ini mempunyai luas hanya 7000 M2 lokasinya terletak dibawah area lahan milik Perhutani yang sangat terbatas sehingga tidak bisa maksimal untuk menampung pengunjung. Padahal pihaknya telah mengusulkan kepada Pemda Brebes agar bisa lokasi OW tersebut diperluas dalam pengembangannya dengan mendirikan beberapa fasilitas yang belum ada sehingga dapat dinikmati oleh para pengunjung. 
Namun pada tahun depan rencana ada perluasan lokasi maju kedepan untuk dibangun kamar mandi uap/sauna dan gedung pertemuan. Pada tahun ini  pihaknya telah mensiasati untuk bermitra dengan pihak pengadaan hiburan anak-anak diantaranya permainan mandi bola, mobil-mobilan dan istana balon  dan juga mainan anak lainnya agar bisa meramaikan suasana dan menarik para  pengunjung. 
‘Alhamdulillah tahun ini dengan merangkul pihak sponsor pengunjungnya bisa meningkat secara signifikan dibandingkan pada liburan lebaran tahun-tahun sebelumnya’, Terangnya
Sementara Camat Paguyangan, Akhmad Hermanto SIP  mengungkapkan obyek wisata yang ada diwilayahnya sebenarnya lebih dari satu, diantaranya OW Kebun Teh Kaligua, di Desa Pandansari, Waduk Penjalin Petuguran Desa Winduaji dan  belum juga ow didesa lainnya. Dan diwilayah tersebut masih banyak tempat untuk  dijadikan   lokasi  OW yang lebih indah dan menarik bagi pengunjung, untuk bisa menikmati keindahan alam pegunungan maupun dengan jurug air terjunnya yang menjulang tinggi di Kecamatan Paguyangan.
Menurutnya semua lokasi tersebut  dipastikan akan bisa menopang dan menghasilkan dalam menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD), akan tetapi rupanya belum dilirik oleh dinas terkait Pemda Brebes maupun pihak Investor ungkapnya saat ditemui diruang kerjanya kemarin. supriyati (R)

Share this article :