Home » » TPHD Siap Kawal 225 Calhaj Kota Tegal

TPHD Siap Kawal 225 Calhaj Kota Tegal

Written By suara rakyat on Friday, August 28, 2015 | 4:39 PM

Tegal, (suararakyattegal.com) – Sebanyak 225 calon jamaah haji Kota Tegal kloter 44 SOC menjadi tanggung jawab dan amanah Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD). Disamping mengemban tanggung jawab yang besar, juga harus fokus kepada rangkaian kegiatan yang mulai dari keberangkatan sampai tiba di tanah suci, pelaksanaan ibadah hingga kembali lagi di tanah air.
“Jamaah menjadi tanggung jawab dan amanah TPHD. Tanggung jawab yang diemban yakni melayani 225 calon jamaah haji Kota Tegal yang 40 persen adalah lansia. Ini adalah tanggung jawab yang cukup besar diberikan kepada TPHD,” ungkap Walikota Tegal Hj Siti Masitha Soeparno saat memberikan arahan kepada TPHD Kota Tegal, Ahmad Firdaus Muhtadi, saat Walimatul Safar di Kompleks Perumahan Metro Debong Lor Kota Tegal, Selasa (25/8).
Disebutkan Walikota, Firdaus diberi mandat menjadi TPHD setelah mengikuti seleksi. “Alhamdulillah seleksi telah betul-betul dilaksanakan secara rinci dan detail sekali,” ungkap Walikota.
Walikota yakin Firdaus dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Dengan latar belakang banyak berkecimpung di berbagai organsiasi, diharapkan memiliki kemampuan untuk memanage dan mengatur serta membuat suatu strategi melayani di tanah suci nanti. “Sehingga jamaah haji merasa terayomi dan terlindungi serta mendapatkan informasi yang baik,” kata Walikota.
Selain itu, TPHD diminta untuk memotivasi dan memberi semangat pada jamaah bahwa tujuan ibadah haji betul-betul untuk mendapat ridho ALLah SWT sehingga kembali nanti ke tanah air selamat dan menjadi haji mambrur. Agar fokus dalam pelaksanaan ibadah, walikota mengharapkan untuk meluruskan niat yakni nawaitu untuk menunaikan ibadah haji. Sehingga semua persoalan duniawi itu harus ditinggalkan.
“Meninggalkan keluarga, kegiatan, pekerjaan, urusan dunia bahkan hartapun tidak perlu dipikirkan lagi karena ini akan tentu saja menggurangi kekhusuan ibadah di tanah suci. Kita sebagai hamba Allah bukan apa-apa ditengah-tengah jutaan jamaah haji lainnya. Selamat jalan, selamat menunaikan ibadah haji dan menjadi ibadah haji yang mabrur,” pungkas Walikota.
Firdaus dalam sambutannya  mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Walikota Tegal dan Pemerintah Kota Tegal yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk melayani jamaah haji Kota Tegal tahun 2015.
Disebutkan Firdaus, TPHD Kota Tegal tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang ditunjuk dengan kewenangan Walikota. Untuk tahun ini, TPHD Walikota hanya sebatas mengusulkan dan dilaksanakan seleksi. Antara lain mengenai pengetahuan tentang haji, pengalaman organisasi, kesehatan badan dan umur maksimal 55 tahun, Pungkasnya.
Calon Haji (calhaj) Kota Tegal Tahun 2015 siap diberangkatkan pada Sabtu (5/9) malam sekitar pukul 22.00 WIB di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal. Pelepasan 225 calhaj Kota Tegal akan dilaksanakan pada Kamis (27/8) di tempat yang sama oleh Walikota Tegal Hj Siti Masitha Soeparno.
Kemudian calhaj masuk Asrama Haji Solo pada Minggu (6/9) pukul 07.00 WIB dan esoknya pada Senin (7/9) diberangkatkan pukul 01.55 WIB  dengan nomor penerbangan GA 6212 dan tiba di Jeddah pukul 09.20 WIB.
Calhaj Kota Tegal tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 44 SOC bersama 130 calhaj dari Kabupaten Tegal. Tio (R) 

Share this article :