Home » » Walikota Menghimbau Warga Diminta Meriahkan HUT RI

Walikota Menghimbau Warga Diminta Meriahkan HUT RI

Written By suara rakyat on Friday, August 14, 2015 | 5:18 PM

Tegal, (suararakyattegal.com) - Dalam rangka menyambut Peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus, sebagian wilayah di Kota Tegal telah beramai-eamai menghiasi lingkungannya. Namun ada beberapa wilayah yang suasananya masih terlihat biasa-biasa saja.
Untuk itu, setiap kelurahan menghimbau warga Kota Tegal untuk segera memasang umbul-umbul, bendera, menghias lingkungan dengan bekerja bhakti dan mengadakan berbagai kegiatan lomba yang sederhana.
“Pihak kelurahan mengedarkan dan mensosialisasikan himbaun melalui RT/RW, agar warga masyarakat merencanakan dan melaksanakan kegiatan pemasangan umbul-umbul, bendera dan bekerja bhakti,” kata Walikota Tegal Hj Siti Masitha Soeparno di hadapan Para Kasie, staf dan Babinkamtibmas saat berkantor di Kelurahan Kemandungan, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Rabu (12/8).
Disebutkan Walikota, saat menuju ke Balai Kelurahan Kemandungan, belum banyak terpasang umbul-umbul maupun bendera di jalan wilayah kelurahan tersebut. Padahal di wilayah Kelurahan Tegalsari, Walikota menyebut suasananya sudah meriah dengan berbagai umbul-umbul dan bendera merah putih.
Lurah Kemandungan, Parikhi SIP melalui Kasie Tata Pemerintahan Kelurahan Kemandungan, Dharmawan menyebut pihak kelurahan sudah menghimbau warga di 3 RW dan 13 RT untuk melaksanakan himbauan Walikota Tegal untuk melaksanakan kegiatan menyambut HUT Kemerdekaan RI. Dia juga menambahkan, ada beberapa wilayah RT yang sudah merespon dan ada beberapa RT yang kurang respon.
“Ada RT yang kurang respon sehingga menjadi PR bagi kami untuk kembali menghimbau. Kebanyakan mereka bekerja di bidang non formal, yang berangkat shubuh dan kembali malam hari, hari Minggu pun tetap berangkat. Sehingga waktu untuk lingkungan hampir tidak ada. Namun kami selalu melakukan pendekatan kepada pihak RT,” ungkap Dharmawan.
Menanggapi hal tersebut, Walikota meminta aparat kelurahan untuk selalu menanamkan pengertian kepada warga bahwa lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Meskipun karakteristik lingkungan berbeda-beda, disebutkan Walikota, jangan menjadi suatu hambatan bagi aparat kelurahan untuk mengajak warga dalam meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.
Selain itu, kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI menjadi wadah dalam mensosialisasikan visi misi dan program Pemerintah Kota Tegal kepada masyarakat. Sehingga aparat kelurahan dapat melaksanakan sosialisasi terus menerus secara kontinyu kepada masyarakat. Tio(R)


Share this article :