Home » , » Anggaran 5 M, Pemkab Brebes Segera Bangun Area Pertanian Terpadu

Anggaran 5 M, Pemkab Brebes Segera Bangun Area Pertanian Terpadu

Written By suara rakyat on Thursday, September 24, 2015 | 9:20 PM

Bumiayu, (suararakyattegal.com) – Upaya mewujudkan Program Kedaulatan Pangan Pemda Brebes akan membangun area pertanian terpadu diatas lahan tanah milik pemda yang berada didukuh  Maribaya Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu seluas 336 hektar. Hal ini dikatakan oleh  Aisten I Setda Brebes, Suprapto SH ditemui usai menggelar  acara rapat kordinasi (rakor) di Kantor Kecamatan Bumiayu, belum lama ini.
Suprapto SH mengatakan, Pemkab Brebes akan membangun area pertanian terpadu di lahan milik Pemkab Brebes yang ada di Dukuh Maribaya, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu tersebut  rencananya akan dimanfaatkan sebanyak 100 hektar untuk area pertanian terpadu dalam mendukung progam Kedaulatan Pangan.
Menurutnya, lahan tersebut nantinya akan dibuat menjadi padang gembala ternak, tempat penggemukan sapi, budi daya tanaman jahe merah dan lahan hutan produksi dengan tanaman karet, bambu dan alba. Program yang akan dimulai pada tahun 2016 mendatang ini untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan menyejahterakan masyarakat.
Selain membuat area pertanian terpadu juga akan dibangun jalan untuk akses masuk ke lokasi. Jalan akan dibuat melalui jalur Talok - Maribaya sepanjang 7 (tujuh) kilometer dan dari desa Galuhtimur - Maribaya sejauh  3 (tiga) kilometer.
"Akses jalan untuk keluar masuk area juga akan disiapkan dengan peningkatan jalan yang sudah ada," ungkap Suprapto.
Saat ini lahan untuk area pertanian terpadu masih digarap oleh warga. Dalam waktu dekat akan dilakukan sosialisasi program kepada para penggarap yang kebanyakan dari warga Desa Galuhtimur dan  Desa Kalijurang Kecamatan Tonjong.
Pelaksanaan program pertanian terpadu juga akan melibatkan masyarakat sekitar, terutama warga Maribaya yang merupakan para eksodan dari Aceh. "Masyarakat akan dilibatkan untuk program ini dan teknisnya akan diatur," Tambah Suprapto.
Program pertanian terpadu di Maribaya didanai oleh Pemerintah Pusat melalui APBN dan tahap awal pada tahun 2016 nanti akan dikucurkan anggaran sebesar Rp 5 Milyar.
Kades Kalinusu, Khaeroni sangat mendukung adanya program pertanian terpadu di Dukuh Maribaya. Progaram itu diharapakan dapat meningkatkan kesejahteran 130 Kepala Keluarga (KK) yang saat ini tinggal di dukuh yang cukup terisolir. ujar Khaeroni saat ditemui diruang kerjanya, Belum lama ini. supriyati(R)

Share this article :