Lima Rumah Warga Terancam Longsor - suara rakyat
Home » , » Lima Rumah Warga Terancam Longsor

Lima Rumah Warga Terancam Longsor

Written By suara rakyat on Sunday, September 6, 2015 | 5:43 PM

Tonjong, (surarakyattegal.com) – Rawannya  tempat pemukiman warga yang berada di sepanjang tebing  sungai dipastikan dalam waktu dekat diprediksi akan mengalami bencana longsor, hal itu dilihat dari kondisi rumah yang tepat diatas tebing sungai. Lima rumah warga yang sudah puluhan tahun ditempati sebagai  tempat tinggal  ditepian tebing Sungai Kalong  di Kampung baru RT 01/01 Desa Tonjong  Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes harus segera mungkin mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Pasalnya halaman belakang rumah dimana mereka tinggal menyisakan 1 meter saja setelah tebing sungai dengan ketinggian 15  meter dari permukaan sungai  itu mengalami longsor  pada siang hari.  Kejadian tersebut terjadi paska menjelang musim kemarau, sekarang tepatnya dua bulan yang lalu, namun warga baru melaporkan kejadiannya baru sekarang.

H. Mahmud salahseorang warga yang mewakili rumahnya  terancam, mengatakan pihaknya pada waktu kejadian telah melaporkan kepada ketua RT dan mungkin kejadian ini semua aparat desa mengetahui. Namun hingga sekarang belum ada perhatian maupun penanganan terhadap lima rumah warga termasuk dirinya yang tempat tinggalnya terancam, katanya saat melaporkan ke kantor desa setempat kamis 3/9 kemarin.

Lebih lanjut, Mahmud menjelaskan kejadian longsor tebing mencapai panjang 60 Meter lebih, sedangkan bangunan tempat tinggal lima warga yang berjejer semula halaman belakang rumah mereka dari tebing sungai berjarak 5 meter lebih tetapi sekarang tinggal 1 Meter.  Mereka merasa was-was dan terancam serta khawatir manakala terjadi longsor susulan.  

Dan kelima rumah warga tersebut diantaranya  milik  H Mahmud, Sanyuti, Mahroni, Santoso dan Daun , pihaknya meminta pihak desa untuk dapat melanjutkan laporannya ketingkat kabupaten agar mendapatkan penanganan serius terhadap dirinya dan keempat warga lainnya, jelasnya.

Sementara  dikonfirmasikan untuk kejelasan kebenaran kejadian yang dialami kelima warga tersebut,  Kades Tonjong, Naksudi tidak dapat ditemui karena dirinya sedang berada diluar kota  ada keperluan keluarga di Jogjakarta. – Imam(R)

Share this article :