Masjid Agung Kota Tegal Kurban 3 Ekor Sapi dan 54 Kambing - suara rakyat
Home » , , » Masjid Agung Kota Tegal Kurban 3 Ekor Sapi dan 54 Kambing

Masjid Agung Kota Tegal Kurban 3 Ekor Sapi dan 54 Kambing

Written By suara rakyat on Thursday, September 24, 2015 | 10:02 PM

Tegal, (suararakyattegal.com) – Dalam memperingati hari raya Idul Adha, Pemerintah Kota Tegal menyelenggarakan Sholat Idul Adha berjamaah di Masjid Agung Kota Tegal yang sedang dalam tahap renovasi, Kamis (24/09). Sehingga pelaksanaan sholat dilaksanakan hanya menggunakan ruang depan dan sebagian besar jamaah sholat di jalan depan Masjid Agung, jalan sekitar Alun-alun dan sebagian lapangan Alun-alun yang juga sedang dilaksanakan renovasi.

Walikota Tegal Hj Siti Masitha Soeparno bersama Plt Sekda Dyah Kemala Sintha SH dan Kepala SKPD, seluruh jamaah perempuan mengambil shaf di Alun-alun sebelah barat depan Masjid Agung, setelah berjalan kaki dari Pringgitan Rumah Dinas Walikota bersama seluruh Kepala SKPD di Lingkungan Pemkot Tegal. Sementara Wakil Walikota Tegal Drs H Nursholeh MMPd, Ketua DPRD Kota Tegal Edy Suripno SH MH, Plt Asisten I, Plt Asisten II, Ketua Yayasan Masjid Agung H Achmadi serta Kepala SKPD di Lingkungan Pemkot Tegal sholat di ruang depan Masjid Agung.

Dalam sholat Idul Adha yang dimulai pukul 06.00 WIB itu, bertindak sebagai Imam Sholat yaitu, H Mahbub Junaidi Al Hafidz, Khotib Ust. H Nursiddiq dan Imam Takbiran Khalimudin SPdI. Sebelum pelaksanaan Sholat Ied Adha, Walikota berkesempatan memberi sambutan Sholat Idul Adha.

Walikota sedikit bercerita kisah Nabi Ibrahim, Siti Hajar dan Nabi Ismail hingga turunnya perintah berkurban. Tak ketinggalan megenai arti dan keutamaan seorang muslim berkurban untuk mendekatkan diri dengan Sang Pencipta.

“Saya harapkan pelaksanaan penyembelihan hewan  kurban dan dapat merefleksikan semangat berkorban pada kehidupan di luar ruang dan waktu bulan haji,” ungkap Walikota.

Berkaitan dengan pelaksanaan Ibadah Haji di tanah suci untuk mejalankan rukun Islam ke – 5, di tahun ini, Kota Tegal memberangkatkan 225 jamaah, yang tergabung dalam kloter  44 dan telah dilepas pemberangkatannya pada tanggal 5 September  yang lalu.

Mengenai adanya musibah jatuhnya crane proyek pembangunan Masjidil Haram, Walikota bersyukur tidak ada jamaah haji Kota Tegal yang menjadi korban pada musibah tersebut. “Namun demikian mari kita do’akan bagi jamaah haji yang menjadi korban jatuhnya crane semoga mendapat tempat terbaik disisinya. Semoga jamaah haji Kota Tegal dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan kembali ke tanah air dengan selamat serta dalam ridho Allah SWT mendapat predikat haji yang mabrur. Amin,” Walikota mengajak jamaah untuk berdoa.

Diakhir sambutan Walikota mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Adha. “Atas nama Pemerintah Kota Tegal dengan hati yang tulus dan jiwa yang ikhlas saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriyah, dan Selamat Menjalankan Ibadah Qurban,” ucap Walikota.

Usai sholat Idul Adha dan mendengarkan Kutbah yang disampaikan Khotib Ust. H Nursiddiq mengenai hakekat berkurban, Walikota menyerahkan seekor sapi kepada Ketua Yayasan Masjid Agung Kota Tegal H. Achmadi untuk disembelih dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Demikian juga Wakil Walikota Tegal bersama Ketua DPRD Kota Tegal juga menyerahkan masing-masing seekor sapi kepada Panitia Penyembelihan Hewan Kurban Masjid Agung.

Sehingga tahun ini Masjid Agung menerima 3 ekor sapi dari Walikota, Wakil Walikota dan Ketua DPRD Kota Tegal. Sementara jumlah kambing yang dipotong sebanyak 54 ekor yang berasal dari berbagai instansi dan masyarakat Kota Tegal. Daging hewan kurban tersebut kemudian dibagikan kepada sekitar 3.000 mustahiq yang telah mendapatkan kupon yang dibagikan pada hari Rabu (23/9) kemarin. Tio(R)


Share this article :