Masyartakat Diminta Ikut Pantau Penggunaan Bantuan Dana Desa Dari APBN - suara rakyat
Home » , » Masyartakat Diminta Ikut Pantau Penggunaan Bantuan Dana Desa Dari APBN

Masyartakat Diminta Ikut Pantau Penggunaan Bantuan Dana Desa Dari APBN

Written By suara rakyat on Thursday, September 3, 2015 | 2:50 AM

Paguyangan, (suararakyattegal.com ) – Program Pemerintah Pusat yang akan menggulirkan dana bantuan Desa secara langsung dari APBN kepada setiap desa berupa dana bantuan bervariasi berkisar  Rp 300 juta - Rp 500 juta, hingga tahun-tahun mendatang mencapai Rp 1,5 milyar pertahunnya. 

Pengucuran bantuan dana desa tersebut agar semua elemen masyarakat bisa ikut memantau dan melaporkan manakala ada penyelewengan di desa masing-masing dalam proses jalannya penggunaan dana desa tersebut. Hal ini diungkapkan Damayanti Wisnu Putranti anggota Fraksi PDIP Komisi V DPR RI saat ditemui diruang  Polsek Paguyangan, belum lama ini.

Menurut Damayanti, “Program dana bantuan desa yang bernilai ratusan juta rupiah ini sangat rawan terjadinya penyelewengan, karena program ini belum sepenuhnya direalisasikan  kepada masyarakat luas maupun ditingkat bawah”, katanya.
Lebih lanjut Damayanti menjelaskan penggunaan bantuan dana desa ini sepenuhnya  menjadi tanggungjawab kepala desa  untuk  dapat menggunakan dana tersebut dalam memajukan dan membangun desa sesuai kebutuhan, karena sanksi sangat berat jika dana tersebut disalahgunakan, jelasnya.

Sementara  menurut  sumber, kehadiran Damayanti atau yang  akrab dipanggil Mbak Yanti ini,  berada di Kabupaten Brebes bagian selatan untuk memenuhi undangan acara jalan sehat yang digelar UPK Paguyangan, selain itu untuk bersilahturahmi dengan masyarakat – Imam (R)

Share this article :