Home » » Pemilihan Ketua OSIS Secara Demokratis

Pemilihan Ketua OSIS Secara Demokratis

Written By suara rakyat on Friday, September 18, 2015 | 2:26 AM

Paguyangan, (suararakyattegal.com) -  Pasangan Luly dan Dimas terpilih sebagai pengurus baru  dalam ajang pemilihan ketua dan wakil ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)  tingkat  Sekolah Menengah  Atas (SMA) Negeri Paguyangan Kabupaten Brebes Priode 2015-2016.   Pelaksanaan pemilihan OSIS ini dilakukan  secara demokrasi dihalaman sekolah setempat belum lama ini.
Luly dan Dimas merupakan pasangan pengurus OSIS yang baru, mereka masing-masing duduk dikelas XI  untuk melaksanakan roda organisasi disekolahnya, kemenangan mereka dengan  mendapatkan dukungan 166 suara dari 490 suara.
Luly mengatakan, dirinya atas kepercayaan yang diterimanya siap untuk melakasanakan semua program organisasi OSIS dengan penuh semangat  dan menjaga nama baik almamater sekolahnya. Ujarnya
Kepala SMAN  01 Paguyangan Sunaryo MPd mengungkapkan dan merasa bangga sekaligus memberikan apresiasi kepada mereka termasuk pembina kesiswaan yang menggelar   pemilihan ketua dan wakil  ketua OSIS secara demokrasi. Hal ini merupakan pendidikan dan pembelajaran berdemokrasi bagi siswa kelak nanti terjun di masyarakat, katanya.
Sunaryo menjelaskan, seluruh siswa mengikuti pesta demokrasi nya pelaksanaan pemilihan ketua dan wakil ketua  diserahkan semua kepada siswa dengan bimbingan guru kesiswaan yang ada.
‘Kami tidak menginterpensi siswa dalam memilih ketua dan wakil ketua OSIS yang baru, hal ini untuk pembelajaran dalam berdemokrasi  sehingga manakala nanti terjun dimasyarakat bisa berdemokrasi secara baik sesuai aturan yang berlaku “ Terangnya.
Sementara Siti Nur Rokmah SPd selaku guru kesiswaan menjelaskan, pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS SMA N 01 Paguyangan  Priode 2015-2016  dilaksanakan oleh seluruh siswa berjumlah  490  siswa, mereka punya hak yang sama, hak  dipilih dan hak memilih, sesuai aturan organisasi OSIS setiap siswa kelas X dan XI berhak bisa mencalonkan diri dalam pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS.  
Dan ada tiga pasang calon yang memberanikan diri tampil diantaranya calon I pasangan Luly F – Dimas calon II Rara W – Hendra  dan calon III Fungki- salsa. semuanya diusung dari kelas  XI,  dan ajang bursa ketua dan wakil ketua OSIS dimenangkan oleh pasangan calon I (Luly – Dimas) memperoleh suara 166 suara dan Pasangan calon III (Fungki- Salsa) mendapat 122 suara dan pasangan calon II (Rara-Hendra) memperoleh 99 suara, sedangkan surat  suara yang rusak/ tidak sah mencapai 79 surat suara, surat suara yang tidak digunakan 24 surat suara. Kegiatan tersebut  berjalan lancar dan aman serta secara langsung umum bebas dan rahasia (luber) sama hal yang dilakukan  aturan pada pilkades maupun pilkada, jelasnya saat ditemui diruang guru.
Lebih lanjut Siti Nur  menjelaskan sebelum pelaksanaan dilakukan pembentukan kepanitiaan, diantaranya Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta Panitia Pengawas (PANWAS)  semuanya dilakukan oleh siswa. Imam (R)


Share this article :