Pemkot Tegal Santuni Korban Tembok Roboh - suara rakyat
Home » , » Pemkot Tegal Santuni Korban Tembok Roboh

Pemkot Tegal Santuni Korban Tembok Roboh

Written By suara rakyat on Wednesday, September 23, 2015 | 6:53 PM

Tegal, (suararakyattegal.com) – Pemerintah Kota Tegal akan memberikan santunan kepada para korban tembok Pasar Langon yang roboh, Rabu (23/09) pagi. Santuan diambil dari anggaran tak terduga di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Tegal.
Hal tersebut dikatakan Walikota Tegal Hj Siti Masitha Soeparno saat melihat langsung tembok roboh di Pasar Langon sekitar pukul 13.00 WIB. Kemudian Walikota bersama rombongan takziah ke korban meninggal akibat tembok roboh yang bernama Abu Sofyan (34), warga RT 05 RW V Jl. Werkudoro Gg. Sasikirana II Kelurahan Slerok Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal.  
“Korban sudah ada tunjangan. Untuk korban yang meninggal segera diproses, untuk luka-luka perawatan diperhatikan,” ungkap Walikota usai melihat langsung tempat kejadian dan kemudian takziah di rumah korban. 
Walikota didampingi Plt Asisten II Drs Imam Badaruddin, Kepala Kesbangpolinmas Kota Tegal Drs Soeripto, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Tegal Dra Hendiati Bintang Takarini MM dan Lurah Slerok Jhony Iskandar.
Walikota juga memberikan uang santunan secara pribadi kepada keluarga istri Abu Sofyan, Tuti Akhiriyah (34) dan Zuhur Anam (9), warga Jl. Werkudoro Slerok yang terluka dibagian wajah dan kepala bagian belakang yang dirawat di RS Mitra Siaga. Walikota meminta Lurah Slerok untuk memperhatikan dan mengawal korban hingga dimakamkan.
Sementara Imam Badarudin mengarahkan untuk santunan para korban tembok roboh di Pasar Langon akan langsung diberikan santunan oleh Pemkot dari dana tak terduga yang ada di DPPKAD.
Sedangkan Soeripto mengatakan mengenai santunan yang akan diberikan lebih dahulu di koordinasikan dengan SKPD terkait yakni DPPKAD.
“Nanti kita akan koordinasikan dengan SKPD terkait. Arahan dari Plt. Asisten II dari anggaran tak terduga di DPPKAD,” ungkap Soeripto.
Seperti diketahui tembok setinggi sekitar tiga meter dan panjang 30 meter di Pasar Langon, Kota Tegal, Jawa Tengah, roboh menimpa warga. Satu orang meninggal dunia, dan empat orang luka-luka serta 15 kambing mati.
Tembok yang roboh berada di sisi sebelah utara pasar dan berbatasan dengan jalan. Peristiwa terjadi sekitar pukul 09.00 WIB, kondisi pasar tengah ramai oleh para pedagang kambing dan pembeli, karena menjelang Hari Raya Idul Adha. Mereka langsung lari berhamburan untuk menyelamatkan diri. .
Mengenai sebab tembok roboh, Walikota belum dapat memastikan menunggu hasil investigasi dari pihak kepolisian. “Kalau sudah dipasang policeline berarti masih dalam investigasi pihak kepolisian, apa penyebab dari robohnya bangunan. Bangunan bukan bangunan lama, dibangun tahun 2006. Apakah dari konstruksi atau retak, atau gimana,” ungkap Walikota.
Korban luka-luka adalah  Saripin (55), warga RT 21/3 Adiwerna, A Khusen RT 05/5 Kelurahan Slerok, dan Yunus (2) anak dari Abu Sofyan warga RT 05/5 Kelurahan Slerok. Sementara yang dirawat di RS Mitra Siaga M. Zuhrul Anam Rt 03/VI Kelurahan Slerok (9) dan M. Bahrizi (14) warga Pengabean.
Sedangkan sebanyak 15 kambing yang mati antara lain milik Sakri Warga Jatilawang 1 ekor, Nurofik warga Suradadi 4 ekor, Kirno warga Padaharja 3 ekor, Radin warga Wangandawa 5 ekor dan Aan warga Tegalwangi  2 ekor. Tio(R)


Share this article :