Home » , » Sanggar Suara Rakyat Ikut Meriahkan Pawai Pembangunan Kota Tegal

Sanggar Suara Rakyat Ikut Meriahkan Pawai Pembangunan Kota Tegal

Written By suara rakyat on Tuesday, September 1, 2015 | 12:24 AM

Tegal, (suararakyattegal.com) - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-70 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2015, Pemerintah Kota Tegal mengadakan pawai pembangunan dan karnaval di jalan-jalan Protokol Kota Tegal, Minggu (30/8) siang.
Pawai tersebut mengambil start dari Alun-alun Kota Tegal, mereka bergerak dengan rute Jl Pancasila, Jl Kolonel Sudiarto, Jl Panggung Timur, Jl Slamet Riyadi, Jl Veteran, Jl Ahmad Yani dengan panggung kehormatan di depan Pasar Pagi Kota Tegal, Jl AR Hakim dan Jl Kartini.
Untuk pawai jalan kaki finish di SMA Negeri 1 Tegal sementara kendaraan hias finish di Lapangan Kecamatan Tegal Selatan. Masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya telah berbondong-bondang memenuhi jalan-jalan protokol sejak pukul 11.00 siang usai mengikuti Kegiatan Jalan Santai di Balaikota Tegal pada pagi harinya.
Di Panggung kehormatan, pawai diawali dengan laporan perwira Karnaval Drs. Johardi, MM yang juga Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tegal. Dalam laporannya Johardi yang didampingi Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Setda Kota Tegal Drs Moh Ali Rosyidi MPd dan Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Tegal Ir Haryana, menerangkan bahwa Pawai Pembangunan tersebut diikuti oleh 154 peserta. Terdiri dari 66 kontingen jalan kaki, 22 grup drum band dan marching band serta 66 peserta kendaraan hias.
Peserta berasal dari instansi pemerintah, swasta, BUMD, BUMN, sekolah, perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, organisasi politik, sosial, profesi, keolahragaan, pemuda dan masyarakat di Wilayah Kota Tegal dan sekitarnya. Pawai dengan tema Gerakan Nasional Ayo Kerja 70 Tahun Indonesia Merdeka ini dimeriahkan peserta dengan berbagai atraksi di jalan-jalan protokol yang dilewati maupun di depan panggung kehormatan.
Selain Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno, hadir di panggung kehormatan Wakil Walikota Tegal Drs HM Nursholeh M MPd beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tetgal, seluruh anggota Forkopinda Kota Tegal beserta istri, Ketua Pengadilan Kota Tegal, Ketua DPRD Kota Tegal Edy Soeripno SH MH dan Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal.
Pawai jalan kaki telah dimeriahkan oleh bebeberapa atraksi menarik, salahsatunya dilakukan oleh Kepala Sekolah SMP N 10 Tegal, Supriyadi yang dikenal sebagai Master Cobra yang datang menunggang seekor kuda. Selain berdiri diatas lampu neon panjang yang dipegang masing-masing ujungnya oleh asistennya, Supriyadi juga bermain dengan dua ekor ular kobra miliknya, dengan kepala kobra dicium dan dikalungkan dilehernya.
Dan tak ketinggalan pula, salah satu media ternama di Kota Tegal Suara Rakyat, yang merupakan media lokal pertama se-Eks Karesidenan Pekalongan juga ikut memeriahkan pawai pembangunan ini dengan menghadirkan anak-anak didiknya dari sanggar Suara Rakyat yang berjumlah puluhan orang, yaitu dengan menampilkan Kabaret, seperti contoh tokoh-tokoh kartun internasional yang ternama. Dalam penampilannya sanggar Suara Rakyat telah melibatkan anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah, mahasiswa dan ada juga yang sudah putus sekolah, yang tujuannya untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada mereka.
Sedangkan untuk pawai kendaraan hias dalam memeriahkan karnaval dengan menampilkan berbagai bentuk kendaraan misal kapal, seperti TK Hang Tuah dan Lanal Tegal yang menampilkan miniatur KRI Yos Sudarso dan kendaraan dari  berbagai instansi di Pemerintah Kota Tegal. Seperti BKD, Bapermas, Disdukcapil menampilkan KTP, DPPKAD dan lain sebagainya.
Banyak peserta yang memberikan sauvenir kepada Walikota Tegal. Ada yang memberi bunga, ada yang memberi tulisan I Love Bunda Sitha, bahkan ada yang memberi sekotak kue tart. Semua peserta pawai pembangunan dinilai oleh tim juri dan pemenangnya akan diberikan penghargaan pada malam resepsi di Pendopo Ki Gede Sebayu pada Senin (31/8) malam. Dian (R)

Share this article :