Untuk Mempermudah Pemantauan Pemkot Rencanakan Musrenbang Online - suara rakyat
Home » , » Untuk Mempermudah Pemantauan Pemkot Rencanakan Musrenbang Online

Untuk Mempermudah Pemantauan Pemkot Rencanakan Musrenbang Online

Written By suara rakyat on Saturday, September 12, 2015 | 2:24 AM

Tegal, (suararakyattegal.com) –  Hasil pertemuan ASEAN Mayors Forum (AMF) Tahun 2015 di Makassar 8-10 September lalu, akan diaplikasikan di Kota Tegal. Salah satunya sistem Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang akan dilaksanakan secara online.
“Rencana yang akan dilaksanakan sesuai hasil kunjungan ASEAN Mayors Forum di Makassar, yaitu Musrenbang akan dibuat online sehingga Kepala Daerah bisa memantau. Bagaimana realisasinya, sehingga pelaksanaannya lebih efektif,” kata Walikota Tegal Hj Siti Masitha Soeparno saat Dialog Interaktif Walikota dengan Masyarakat Kelurahan Pekauman Tegal Barat usai Monitoring Wajah Kota dengan Bersepeda di Kelurahan Pekauman, Jumat (11/9) pagi.
Disebutkan Walikota, beberapa masukan terkait dengan berbagai pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana harus sesuai dengan mekanisme serta penataan dan perencanaan harus tetap dilaksanakan.
“Alhamdullillah kemarin ada perjalanan dinas dari ASEAN Mayors Forum 2015 di Makassar, dimana kita disana diberikan konsep bagaimana membangun kota jadi kota hijau, kota cerdas dan kota yang bersejarah, yang di mulai semuanya dari kelurahan. Oleh karena itu, peran serta ibu bapak sebagai elemen masyarakat saya butuhkan sebagai agen pembangunan. Mari kita sama-sama rawat dan bangun kota kita,” tutur Walikota kepada masyarakat Kelurahan Pekauman.
Oleh karena itu, dikatakan Walikota, Kelurahan dituntut seefektif mungkin dalam menyalurkan informasi kepada masyarakat. Sedangkan Pemerintah mulai dari tingkat Lurah dan RT/RW bersama warga sebagai katalisator program pemerintah. “Mudah-mudahan kedepan semoga lebih efektif. Sehingga laporan kepada Kepala Daerah sebagai hasil pembangunan,” ungkap Walikota.
Camat Tegal Barat Sri Widayati SH dalam laporannya menyebut Kelurahan Pekauman merupakan urat nadi perekonomian, pendidikan, dengan penduduk 8.335 orang. Wilayah Kelurahan Pekauman terdapat perbankan 9 buah, 6 buah mall dan perbelanjaan, hotel 5 buah sarana pendidikan dari SD hingga SLTA negeri dan swasta sebanyak 25 unit.
Plt. Lurah Pekauman Suriswo menyebut program-program yang telah dilaksanakan oleh Kelurahan pada tahun 2014, yakni fasilitas pemberian stimulan dana pembangunan.
 “Kami melaksanakan pembangunan saluran drainase RT 06/05 kompleks Abdi negara dengan lebar 40 cm dan panjang 54 meter dengan konstruksi pasangan batu.,” tuturnya.
Kemudian disebutnya, Program 2015 dilaksanakan Program APIK sebagai akselerasi pembanguan disetiap kelurahan. Di Jl. Jambu dan Jl. Imam Bonjol di kompleks RT 005/003 ada pembangunan crossing kembali, dengan alasan pada saat crossing gorong-gorong lama kecil, terlalu sempit sehingga air tidak lancar apalagi ketika hujan tergenang air.
 “Kami koordinasi dengan Pak Hayi selaku ketua LPMK  untuk memasang saluran dinding pasangan batu kali dengan ditutup beton. Insyaallah kalau hujan air di situ akan lancar mengalirnya,” ungkapnya. Tio(R)

Share this article :