Wakil Walikota Tegal Sedih Seni Tradisional Kurang Perhatian Pemerintah - suara rakyat
Home » » Wakil Walikota Tegal Sedih Seni Tradisional Kurang Perhatian Pemerintah

Wakil Walikota Tegal Sedih Seni Tradisional Kurang Perhatian Pemerintah

Written By suara rakyat on Thursday, September 17, 2015 | 2:51 AM

Tegal, (suararakyattegal.com ),-  Kesenian tradisional yang ada di negara Indonesia tercinta ini sudah sepatutnya mendapatkan perhatian signifikan dari pemerintah maupun masyarakatnya itu sendiri. Seperti halnya seni calung atau angklung yang beberapa waktu lalu sempat akan di klaim menjadi kesenian negara tetangga, meski tidak berhasil, namun kenyataanya masih mengenaskan dan tak berwadah. 
Hal demikian seperti contoh yang terjadi di Kota Tegal itu sendiri, Kesenian calung tampak tidak mendapatkan perhatian pemerintah, mereka beserta groupnya memilih mensosialisasikan calung dengan berkeliling kota, selain untuk mendapatkan perhatian dalam mensosialisasikannya juga untuk mengais rejeki demi mendapat penghidupan yang layak sehari-harinya.
Wakil walikota Tegal Drs HM Nursholeh MPd, pada Senin (14/9) pukul 19.30 Wib karena “melas” dan trenyuh terhadap perjuangan kelompok calung yang melintas di rumah dinas akhirnya menyewa dan menikmati aksinya.
“ Pertama saya senang dengan kesenian tradisional seperti calung dan lain-lain, kedua saya merasa “ melas “ dan trenyuh bila  melihat group seperti mereka ngamen. Melas dan trenyuh saya karena kebanyakan dari mereka adalah usia sekolah dan anak-anak putus sekolah” Tandasnya kepada SR.
Tambahnya, ketika saya tanya tentang tujuan ngamen mereka, jawabnya variatif, ada yang bilang untuk tambahan uang sangu, biaya sekolah, membantu orang tua dan ada juga yang bilang daripada nganggur yang penting halal.
“ Dalam benak saya, sungguh trenyuh, hidup memang perjuangan, hidup memang harus terus di perjuangkan dan yang pasti dengan tuntunan doa dan usaha yang halal niscaya Allah tidak akan meninggalkan umatnya yang tetap tawakal” Pungkasnya. Dian (R)

Share this article :