Home » » Walikota Lepas 225 Jamaah Calhaj Kota Tegal

Walikota Lepas 225 Jamaah Calhaj Kota Tegal

Written By suara rakyat on Sunday, September 6, 2015 | 6:10 PM

Tegal, (suararakyattegal.com) – Walikota Tegal Hj Siti Masitha Soeparno melepas keberangkatan Jamaah Calon Haji (Calhaj) Kota Tegal Sabtu (5/9) tepat pukul 22.00 WIB di Jl. Ki Gede Sebayu Kompleks Balaikota Tegal, depan Kantor BKD dan Kantor Dinas Pendidikan Kota Tegal.
Pelepasan keberangkatan 225 jamaah calhaj Kota Tegal menggunakan 7 unit bus diawali laporan Ketua Rombongan dan Perwakilan Petugas Bis, yang dilaksanakan oleh Husni Dorojatun kepada Walikota Tegal, bahwa jamaah calon haji Kota Tegal siap diberangkatkan.
Kemudian pemberangkatan telah dilantunkan do’a oleh KH Saifuddin Zuhri Madrais, SAg yang diamini oleh Walikota, Wakil Walikota Drs HM Nursholeh MMPd, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf. Hari Santoso S.Sos, Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Drs Ansori Faqih dan Wasmad Edi Susilo, Ketua Komisi I DPRD Kota Tegal Heri Budiman dan anggota Komisi I Sisdiono Ahmad, Rachmat Rahardjo, Plt Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Sintha SH, Plt Asisten I Drs Imam Badaruddin dan Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal, Ketua MUI KH. Abu Chaer Annur, Kepala Kemenag H Nuril Anwar SH MH, Ketua KBIH Al Haromain Habib Ali Zaenal Abidin, seluruh jamaah calon haji dan keluarga yang mengantar.
“Ya Allah berilah kelancaran, kemudahan, kesabaran dalam menjalankan wajib dan sunah haji,” salah satu do’a yang diucapkan Saifuddin. Usai  doa, giliran Ustadz. Nasrul Hamid mengumandangkan adzan dan iqomah dengan takdzim.
Kemudian Walikota memberangkatkan dengan mengibarkan bendera start. “Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, bersama ini saya melepas seluruh jamaah calon haji kita yang akan menunaikan ibadah haji, semoga dalam menjalankan ibadah haji lancar dan kembali ke tanah air dengan menyandang haji yang mabrur,” ucap Walikota yang kemudian mengibarkan bendera start tanda keberangkatkan 7 bus yang membawa jamaah calon haji Kota Tegal. Dalam pemberangkatan dikawal voorrijder dari Polresta Tegal, yang didampingi lima mobil terdiri dari Plt Asisten I, Satpol PP, Kemenag, Bagian Kesejahteraan Sosial dan Ambulance. Saat bus melintas, Walikota dan undangan melambai lambaikan tangan kepada jamaah calon haji.

Rombongan tiba di Asrama Haji Donohunan Boyolali sekitar pukul 06.50 WIB. Sebelumnya berhenti di RM Salsabil pukul 02.00 WIB untuk beristirahat dan di Masjid Darul Amal Salatiga, Komplek Kamppus STAIN Salatiga untuk sholat Subuh.
Di Asrama Haji Donohudan, dilkasanakan serah terima Walikota menyerahkan 225 jamaah Calon Haji Kota Tegal dan 130 Jamaah Calon Haji Kabupaten Tegal yang tergabung dalam kloter 44 SOC kepada Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Jamaah Calon Haji Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Drs H Nurohman, MA.
“Alhamdulillah pagi ini kita dapat berkumpul di Asrama Haji Donohudan. Ikuti prosedur langkah ibu bapak sebagai tamu Allah yang akan berangkat ibadah  haji. Saya selaku Kepala Daerah mendoakan ibu bapak mulai dari saat ini sampai keberangkatan hingga tiba di tanah suci dalam keadaan selamat, sehat dan dapat menunaikan ibadah haji dengan khusuk, istoqomah dan kembali ke tanah air dalam keadaan selamat dan memperoleh haji dan hajjah yang mabrur. Bersama ini secara resmi saya serah terimakan kepada panitia haji. Saya doakan semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT,” tutur Walikota secara resmi menyerahkan jamaah calhaj.
Sementara Drs H Nurhoman MA  mengucapkan selamat datang kepada Jamaah Calhaj daroi Kota tegal dan Kab Tegal kloter 44 SOC, yang sudah berada di gedung Jeddah Embarkasih Adi Sumarmo mengawali perjalanan ke tanah suci. 

Nurhoman mengucapkan terima kasih kepada petugas yang telah memberikan fasilitas sehingga calhaj dapat sampai ke Asrama dalam keadaan sehat dan selamat. “Insyaallah calhaj akan menjalani proses pemeriksaan identitas dan kesehatan. Sepenuhnya calhaj kami terima. Isnyaallah akan dilayani dengan baik dan besok akan diberangkatkan ke tanah suci,” ungkap Nurohman.
Walikota Tegal juga melepas keberangkatan jamaah calhaj dari Asrama Haji Donohudan menuju Bandara Adi Sumarmo pada Senin (7/9) pukul 01.55 WIB dini hari. Walikota menyalami satu persatu jamaah calhaj Kota Tegal menuju bus yang mengantar mereka menuju bandara dan dilanjutkan ke tanah suci. Dian(R)

Share this article :