Home » , » Warga Pangebatan Tolak Usaha Penambangan Galian C

Warga Pangebatan Tolak Usaha Penambangan Galian C

Written By suara rakyat on Friday, September 18, 2015 | 2:08 AM

Bantarkawung, (suararakyattegal.com) – Warga Desa Pangebatan Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes, menolak rencana adanya kegiatan usaha penambangan galian C disungai Keruh perbatasan wilayah Bantarkawung – Bumiayu. Hal ini dikatakan Irham Farisy S.Pt selaku Kades setempat, saat ditemui diruang kerjanya. Belum lama ini.

Menurut Kades, ada warga desa Kalilangkap Kecamatan Bumiayu yang akan mengembangkan membuka usaha penambangan galian C diwilayahnya, padahal sudah melakukan audensi dan sosialisasi dengan warga namun warga yang hadir bukan warga Pangebatan melainkan warga dari Kalisumur dan Kalilangkap. 

Ironisnya berita acara tersebut dimanfaatkan seolah-olah dijadikan akal-akalan agar warga menyetujui rencana usaha itu untuk bisa diloloskan perijinannya dari Pemda Brebes.  Sementara pihaknya akan tetap menolak keras rencana usaha penambangan galian C diwilayahnya walaupun dengan alasan usaha untuk normalisasi sungai, ujar Kades.

Lebihlanjut M Sobar warga Kalilangkap menjelaskan, Kecamatan Bumiayu yang akan membuka usaha penambangan galian C diwilayah Desa Pangebatan yang melibatkan aktivis LSM di  Bantarkawung, pihaknya bersama warga tetap pada pendiriannya untuk menolak keberadaan usaha penambangan tersebut dan berharap  kepada Pemda Brebes, untuk memperketat perijinan usaha penambangan galian C diwilayahnya yang berdampak pada kerusakan ekosistim sungai maupun lingkungan alam sekitarnya, tegas dia. Imam (R)

Share this article :