Home » » Bupati Brebes : Pancasila Sebagai Pondasi NKRI Yang Harus Dipertahankan

Bupati Brebes : Pancasila Sebagai Pondasi NKRI Yang Harus Dipertahankan

Written By suara rakyat on Friday, October 2, 2015 | 1:11 AM

Brebes, (suararakyattegal.com) - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE memimpin jalannya upacara peringatan hari kesaktian Pancasila tahun 2015. Peringatan tersebut, digelar sebagai upaya  membangkitkan kembali semangat mengejawantahkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi, pancasila telah terbukti sakti dari rongrongan baik yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri.
Waidin dari DPRD Brebes, membacakan ikrar atas nama warga Brebes. Dia membacakan ikrar Ketua DPR RI Setya Novanto atas nama Bangsa Indonesia.  Dalam ikrarnya menyatakan, bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan NKRI pada 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap NKRI.
Bahwa rongongan tersebut, dimungkinkan  oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bahasa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara. Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dialandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bahasa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI.
Upacara yang berlangsung hikmat tersebut, diikuti unsure TNI Polri, PNS, PGRI, organisasi kemasyarakatan., organisasi wanita dan lain-lain. Terlihat hadir Wakil Bupati Brebes Narjo SH, Sekda Brebes Emastoni Ezam SH MHum, Forkopimda antara lain Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Efdal Nazra, Kapolres Brebes AKPB Harryo Sugihartono, Ketua Pengadilan Negeri Brebes Joserizal, para Kepala SKPD, dan undangan lainnya. 
Saat diwawancarai di sela-sela usai upacara Hari Kesaktian Pancasila di alun-alun Brebes, Bupati Brebes menjelaskan bahwa “Pancasila sebagai pondasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka harus kita pertahankan sampai kapanpun,” kata Bupati. Kamis (1/10).
Menurut Idza, langkah Pemkab Brebes dalam mengejawantahkan Pancasila pada dasarnya sudah terlaksana lewat berbagai program yang digulirkan di masing-masing Satuan Kerja dan Perangkat Daerah (SKPD). Termasuk dalam program enam pilar pembangunan kabupaten Brebes, juga terbukti telah mewujudkan  kehidupan yang selaras, serasi dan seimbang. 
“Alhamdulillah, Kabupaten Brebes sangat kondusif. Baik dibidang ideologi, politik, sosial, budaya dan pertahanan keamanan (ipoleksosbudhankam),” tambahnya. Tio (R)

Share this article :