Home » , » Kodim 0712/Tegal Rayakan HUT TNI Ke 70 Gelar Donor Darah

Kodim 0712/Tegal Rayakan HUT TNI Ke 70 Gelar Donor Darah

Written By suara rakyat on Friday, October 2, 2015 | 12:20 AM

Tegal, (suararakyattegal.com) - Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-70, Kodim 0712/Tegal pada Rabu 30-09-2015 telah menggelar acara donor darah yang bertempat di Yogya Mall  Kelurahan Randugunting Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal yang berlangsung sekitar pukul 07.00 – 14.00 WIB.
Dalam acara donor darah tersebut telah terdaftar sekitar 650 pendonor, mereka tidak hanya dari Satdisjan Dim 0712/Tegal saja melainkan dari berbagai element diantaranya, FKPPI Kota dan Kabupaten Tegal, Ansor, Pemuda Pancasila, Perguruan Tinggi di wilayah Kota dan Kabupaten Tegal, Perwakilan Pelajar SLTA se Kota dan Kabupaten Tegal, Persit, Pemuda Muhammadyah, Pemuda NU dan Masyarakat Kota dan Kabupaten Tegal.
“ Kegiatan donor darah ini bagian dari rangkaian kegiatan HUT TNI ke 70 yang sudah digelar beberapa waktu lalu. Donor darah ini merupakan wujud dari kepedulian TNI dalam menyumbangkan darahnya untuk saudara kita yang membutuhkan, kami sudah bekerjasama dengan PMI setiap tahunnya,” Kata Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Hari Santoso S.Sos.
Hadir pada kesempatan itu, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Hari Santoso S.Sos, Danlanal Tegal Letkol Laut (P) Sirilius Arif Susbiantoro, Kapolresta Kota Tegal AKBP Firman Darmasyah SIK, Kepala Staf Kodim 0712/Tegal Mayor Inf Yuli Sutiyono Spd, Pabung Dim 0712/Tegal Mayor Czi Fessel, Dansatradar Tegal, Danki Zipur-4, Danramil 21/Tegal Selatan, Muspika Kecamatan Kejambon, Persit, Jalasenastri dan Pia Ardya Garani.
Dalam sambutannya Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Letkol Inf Hari Santoso S.Sos mengatakan, umumnya peringatan Hut akan dirayakan dengan hura-hura dan pesta pora, namun dalam rangka HUT TNI ke 70 dan HUT Kodam IV/Diponegoro ini dilaksanakan dengan kegiatan yang bermanfaat untuk sesama insan manusia. Darah merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia, bahkan dalam semboyan PMI setetes darah anda akan menyelamatkan nyawa. 
“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada PMI Kota Tegal, Muspika Kecamatan Tegal Selatan, Kepala Kelurahan Randugunting dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini,” tuturnya.
Dijelaskannya, melakukan donor darah merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama. Manfaat donor darah juga bukan hanya bagi penerima saja, donor darah juga dapat mengontrol kesehatan si pendonor, diantaranya mencegah stroke, melindungi jantung, meningkatkan sel darah merah dan memperbaharui sel darah merah. “Selain itu masih banyak sekali manfaat donor darah bagi si pendonor,” katanya Dandim 0712/Tegal.
Dandim 0712/Tegal menambahkan, kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Kelurahan Randugunting yang bertempat di Yogya Mall ini, merupakan bentuk penghargaan yang sangat luar biasa, pasalnya hal ini merupakan pembelajaran langsung kepada masyarakat tentang pentingnya donor darah, yang ternyata berguna baik untuk yang menerima maupun yang memberi.
“Saya berharap dengan diselenggarakannya kegiatan donor darah ini semoga dapat membantu segala kesulitan Masyarakat Kota dan Kabupaten Tegal”, Harapnya. 
Menurut Danramil Tegal Selatan Kapt Kav Purbo Suseno, menjelaskan untuk jumlah undangan sekitar 650 orang, yang hadir 525 orang, hasil donor darah tersebut sekitar 487 kantong. Dan dari rincian golongan darah masing-masing adalah golongan darah A 117, golongan B 158, golongan O 183, dan golongan AB 29.
Danramil Kapt Kav Purbo Suseno selaku kordinator wilayah Tegal Selatan menambahkan, melihat dari rangkaian acara donor darah, yang para pesertanya sangat antusias dan secara sukarela mau hadir serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan itu, dirinya merasa senang dan bangga atas partisipasi pesertanya.
“Saya bangga dan senang melihat antusias peserta donor darah tersebut, semoga hasil donor darah yang didapat bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkannya”, Ujarnya. Tio (R)

Share this article :