Home » » Koramil 02/TT DIM 0712/Tegal Berikan Bantuan Jamban

Koramil 02/TT DIM 0712/Tegal Berikan Bantuan Jamban

Written By suara rakyat on Wednesday, October 7, 2015 | 11:11 AM

Tegal, (suararakyattegal.com) – Dari dulu TNI memang dikenal sangat dekat dengan masyarakat, di ibaratkan seperti anak yang merindukan induknya atau bisa dikatakan satu hati yang tidak bisa dipisahkan. Hal ini dapat terlihat dimana ada permasalahan di masyarakat, TNI yang lebih sensitif terhadap permasalahan tersebut. Dan juga sebaliknya dimana TNI apabila membutuhkan sesuatu, tanpa dimintapun masyarakat langsung menawarkan diri untuk dilibatkan. Dengan itu juga bisa dilihat dari kepedulian TNI terhadap kebersihan dan kesehatan masyarakat, tentang MCK yang masyarakatnya masih banyak yang belum memilikinya.
Menurut Danramil Tegal Timur Letnan II Inf M Abdul Rokhim saat ditemui pada 06-10-2015 di tempat kerjanya menjelaskan, memang diwilayahnya masih terdapat beberapa rumah yang belum memiliki Jamban untuk BAB, yaitu di wilayah Kelurahan Panggung RT 10 RW 13 dan sekitarnya. Dan tanpa diminta TNI langsung tanggap mendengar  informasi tersebut. Kegiatan ini merupakan meneruskan program yang digalakan dari KODIM 0712/Tegal atas perintah Dandim Letkol Hari Santoso SSos, seluruh Koramil untuk memberikan bantuan jamban terhadap masyarakat yang membutuhkan.
Danramil Tegal Timur menambahkan, dari perintah Dandim semua sudah dilaksanakan sesuai apa yang diharapkan, yaitu dengan membantu 10 unit jamban di wilayahnya. Dan tujuan dari pemberian jamban kepada masyarakat yaitu untuk membantu masyarakat agar kebersihan dan kesehatan lebih terjaga. Untuk pelaksanaan bantuan jamban sudah berjalan dari bulan Agustus, dalam pengerjaannya memakai tenaga ahli (tukang batu) dan diperbantukan dengan menerjunkan 12 anggota TNI, yang setiap harinya 3 anggota untuk membantu kerja secara bergantian. 
Dan untuk anggaran pembuatan jamban didapat dari Koramil itu sendiri serta swadaya masyarakat, dari hasil pembuatan 10 jamban ternyata masih ada juga yang belum terjangkau yaitu tinggal beberapa rumah lagi. Melihat masih belum terjangkaunya itu, Danramil menjelaskan, bahwa yang belum mendapatkan bantuan akan segera diupayakan.
“Ternyata masih ada yang belum mendapatkan jamban, dan akan segera saya upayakan agar tempat diwilayah saya harus memiliki jamban semua”, Ungkap Danramil Letnan II Inf M Abdul Rokhim.
Menurut salah seorang warga Jalan Batam Gang 6 RT 03 RW 13 Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur, Said (61) mengungkapkan, bahwa dirinya merasa senang dan sangat terbantu sekali dengan adanya bantuan yang telah diberikan oleh TNI, dan beliau juga berharap agar masyarakat yang diberi bantuan juga harus bisa menjaga pemberian bantuan tersebut sebagai rasa hormat. Tio (R) 

Share this article :