Sosialisasi Pemahaman TKI Perlu Di Tingkatkan - suara rakyat
Home » » Sosialisasi Pemahaman TKI Perlu Di Tingkatkan

Sosialisasi Pemahaman TKI Perlu Di Tingkatkan

Written By suara rakyat on Tuesday, October 6, 2015 | 2:07 PM

(Photo : Ilustrasi)
Brebes, (suararakyattegal.com) – Menyingkapi permasalahan Tenaga Kerja indonesia (TKI) ke luar negeri yang masih banyak menyisakan persoalan, GP Ansor, badan otonom di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU), Gelar Sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia. Sabtu (3/10) kemarin, di Hotel Anggraeni Jatibarang Brebes.
Sosialisasi Penempatan dan Perlindungan TKI, dengan Tema “Jangan Berangkat Sebelum Siap” Menghadirkan  narasumber dari staf  kusus Menteri Tenaga Kerja, Direktur PTKLN (Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri), Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Brebes, serta  unsur DPRD Kabupaten Brebes.
Menurut Ketua Panitia Penyelenggara, H Musyafa, GP Ansor hanya sebagai penyelenggara, dari program Kementrian Tenaga Kerja, mengingat Tenaga Kerja Indonesia, yang di sebut sebagai pahlawan devisa, dalam penempatan dan perlindunganya masih mengalami persoalan, lebih lagi Brebes adalah salah satu lumbung TKI ke luar negeri. Maka di perlukan sosialisasi tentang bagaimana penempatan dan perlindungan TKI yang baik dan benar.
Dirinya melihat, penempatan TKI non formal saat ini masih banyak terjadi, hal ini di sebabkan karena kesalahan-kesalahan kita, yang diawali dari masyarakat kurang peka, adanya manipulasi data identitas, dan bermainya oknum yang memanfaatkan ke kurang peka-an masyarakat.
“Adanya persoalan persoalan yang di alami TKI itu karena kesalahan-kesalahan kita, disamping banyak masyarakat yang kurang peka, juga banyak data dari mulai umur maupun identitas lainya di manipulasi sehingga menimbulkan persoalan di kemudian”. Bebernya.
Dirinya Berharap dengan Sosialisasi  yang di gelar, masyarakat lebih peka dan memahami regulasi  penempatan TKI, khususnya TKI ke luar negeri, sehingga TKI  lebih mendapatkan perlindungan yang lebih baik. Roni (R)

Share this article :