Home » » Paket Sembako Semarakan Hari Pahlawan

Paket Sembako Semarakan Hari Pahlawan

Written By suara rakyat on Thursday, November 12, 2015 | 3:13 AM

Tegal, (suararakyattegal.com) - Open house yang diperuntukan bagi warga sekitar dalam rangka menyemarakan Hari Pahlawan, digelar di Gereja Bethel Maranatha Tahun 2015, Selasa (10/11) kemarin.
Hadir Walikota Tegal Hj Siti Masitha Soeparno, Anggota Forkopimda Kota Tegal antara lain Dandim 0712/Tegal Letkol Inf. Hari Santoso SSos, Kapolresta Tegal AKBP Firman Darmansyah, SIK dan Danlanal Tegal Letkol Laut (P) Sirilus Susbintoro dan Kepala SKPD di Lingkungan Pemkot Tegal dan Tokoh Masyarakat H Tambari Gustam.
Dalam open house tersebut, disediakan 502 paket sembako yang dijual murah kepada masyarakat sekitar gereja dengan harga Rp 20 ribu. Terdiri dari beras sebanyak 1 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter dan teh.
Pimpinan Jemaat Gereja Bethel Maranatha Pendeta Bambang Herodion mengatakan kegiatan Semarak Pahlawan dengan menggelar Open House sebagai salah satu kegiatan yang mulia dan tidak memandang agama, suku, ras dan aliran. Apalagi darah para pahlawan dalam merebut kemerdekaan ditumpahkan dan dipancarkan ke seluruh tanah air, termasuk gereja yang dapat memetik kemerdekaan karena jasa para pahlawan.
 “Mari kita rapatkan barisan persatuan bangsa Indonesia,” ajak Bambang Herodion.
Walikota Tegal Hj Siti Masitha Soeparno bersama Anggota Forkopimda Kota Tegal secara simbolis menyerahkan paket sembako kepada masyarakat. Selain itu, Walikota juga membuka secara resmi kegiatan yang baru dilaksanakan oleh Gereja Bethel Maranatha yang berlokasi di Jalan Kapt. Ismail Kota Tegal.
Walikota dalam sambutannya mengapresiasi Semarak Hari Pahlawan, mengingat ditengah kesibukan para jemaat menjalani aktifitas pribadinya, tetapi tak pernah melupakan eksistensi dan jasa para pahlawan bangsa dan memiliki semangat kebangsaan.
Disebutkan Walikota, dalam peringatan Hari Pahlawan tahun 1961, Bung Karno menyatakan: Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya. Tentu ini bukan pernyataan biasa. Karena sebagai seorang pelaku sejarah, beliau memahami betul peran dan jasa para pahlawan yang dengan gagah berani dan semangat menyala-nyala  maju ke medan laga. 
Sekali layar terkembang, maka pantang untuk mundur ke belakang. Hingga semua yang mereka perjuangkan berhasil mencapai puncak keemasan, yakni Kemerdekaan Negara Republik Indonesia,” ungkap Walikota.
Untuk itu, Walikota mengajak masyarakat Kota Tegal sebagai bagian bangsa yang hidup di alam kemerdekaan ini, menjadi kewajiban untuk meneruskan cita-cita mulia para pahlawan, yakni mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif yang konstruktif, menuju Indonesia yang maju, dan mampu berdiri tegak di tengah negara-negara lain di dunia.
“Oleh karenanya apa yang dilakukan oleh Gereja Bethel Maranatha dengan memperingati Hari Pahlawan sangatlah strategis. Karena semua tokoh agama kala itu, termasuk tokoh agama Kristen adalah pejuang.  Pahlawan tidak harus dengan tanda jasa atau penghargaan.  Saya yakin mereka berjuang dengan segenap kerelaan hati, demi membela negeri,” tutur Walikota.
Semarak Peringatan Hari Pahlawan yang berisi kegiatan pasar murah dan hiburan rakyat, menurut Walikota merupakan kegiatan sosial yang bertujuan untuk membantu masyarakat. Oleh karena itu, Walikota berpesan agar pelaksanaan pasar murah bisa tepat sasaran. “Artinya bahwa keberadaan pasar murah ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan. Jangan sampai ada pihak-pihak yang secara sengaja memanfaatkan momen ini untuk menumpuk kebutuhan di rumah atau justru memper-dagangkan kembali. Begitupun dengan panggung hiburan rakyat. Saya harapkan mampu menghibur masyarakat secara positif,” tambah Walikota. dn(r)

Share this article :