Home » » Peringatan Hari Pahlawan Mengingatkan Nilai Kejuangan

Peringatan Hari Pahlawan Mengingatkan Nilai Kejuangan

Written By suara rakyat on Thursday, November 12, 2015 | 2:44 AM

Brebes, (suararakyattegal.com) – Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE, saat membacakan sepenggal kata mutiara yang disampaikan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa di Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2015. 
“Menjadi pahlawan akan lestari hidupnya sepanjang masa, tak lekang sepanjang jaman. Karena jasanya, mereka telah mengangkat Indonesia menjadi negara yang berdaulat meskipun dirinya harus gugur, meninggalkan harta benda, sanak saudara. Nilai kepahlawanan sejatinya tidak akan pernah usang atau lekang dimakan jaman karena pada setiap waktu dapat diimplementasikan dan direvitalisasi dari generasi ke generasi sepanjang masa sesuai perkembangan jaman”.
Lanjutnya, Peringatan Hari Pahlawan, difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan, dan penghargaan dari nilai-nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan bernegara pada waktu kini dan akan datang. 
Nilai kepahlawanan harus terpatri dan merasuk ke dalam sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan. Yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik. 

Saat ini bangsa Indonesia masih menghadapi tantangan persatuan, keutuhan dan, produktifitas bangsa. Mulai dari terjadinya konflik intoleransi antar umat beragama, berkembangnya faham radikalisme, tawuran antar kampung maupun antar pelajar, maraknya penyalahgunaan narkoba, kekerasan terhadap anak dan perempuan dan sebagainya.
 “Keadaan ini jauh dari apa yang dicita-citakan dan diperjuangkan oleh para pendiri bangsa yang telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia kepada kita semua,” ungkapnya.

Hari Pahlawan juga kita jadikan satu langkah baru untuk membangun keyakinan dan optimisme kita sebagai warga bangsa untuk dijadikan landasan revolusi karakter bagi bangsa Indonesia menjadi negara maju dan bermartabat.

Upacara  Hari Pahlawan ke-70 digelar di Alun-alun Brebes, dengan  mengusung tema 'Semangat kepahlawanan adalah jiwa ragaku'. Dihadiri Wakil Bupati Brebes Narjo SH, jajaran Forkompinda, para Kepala SKPD, veteran, ormas, TNI, Polri hingga pelajar. Selasa (10/11) kemarin.

Usai menjadi irup, Idza Priyanti turun dari mimbar dan menyalami satu per satu Forkompinda, veteran, Kepala SKPD dan Undangan lainnya. 

Sebelumnya, telah dilakukan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Tama, Brebes. tio(r)

Share this article :