PNS Kota Tegal Harus Patuh Terhadap Aturan “On The Track” - suara rakyat
Home » , » PNS Kota Tegal Harus Patuh Terhadap Aturan “On The Track”

PNS Kota Tegal Harus Patuh Terhadap Aturan “On The Track”

Written By suara rakyat on Thursday, November 12, 2015 | 3:34 AM

Tegal, (suararakyattegal.com) - Walikota Tegal mengingatkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal untuk selalu patuh terhadap aturan yang ada. Oleh karena itu, PNS tinggal on the track dan menjalani aturan tersebut, sehingga jika keluar dari track atau sistem akan ada sanksi.

“Jadi segala sesuatunya itu sudah diatur, ada Undang-undang, ada PP, kita tinggal jalan, on the track saja. Sehingga jika keluar dari track atau sistem, kembali ada yang mengatur, ada sanksi,” ungkap Walikota Tegal Hj Siti Masitha Soeparno saat membuka Sosialisasi Peraturan Kepegawaian Penegakan Disipliln dan Integritas dalam Prespektif UU Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal, di Gedung Adipura Balaikota Tegal. Selasa(11/11).

Hadir narasumber dan pemateri Sosialisasi Undang-Undang Nomor 5 Ttahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta, Sukamto SH, Plt. Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Sintha SH, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tegal Drs Irkar Yuswan Apendi MM dan Kepala Badan, Dinas, Kantor dan Bagian, Direktur RSUD, Inspektur, Camat dan Lurah di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal.

“Kita tentu melihat kejadian beberapa waktu yang lalu, ada teman - teman PNS yang demo dan berorasi.  Jika kita renungkan dari aspek etika dan keadaan dari perspektif  UU ASN, tentu sangat tidak etis. Kita semua adalah keluarga besar KORPRI Kota Tegal, jika ada permasalahan layaknya sebuah keluarga dibicarakan di dalam dengan penuh kekeluargaan,” ungkap Walikota yang menyebut hal tersebut sudah diselesaikan dengan baik dengan berlandaskan aturan yang  ada.

Walikota juga menyampaikan kepada peserta sosialisasi, bahwa sosialisasi tersebut sangat penting untuk memberikan pengetahuan dan menyamakan persepsi  Aparatur Pemerintah yang ada di SKPD, sehingga secara tepat dapat mengimplementasikan aturan kepegawaian.

Kepala BKD Kota Tegal Drs. Irkar Yuswan Apendi MM dalam laporannya mmengatakan tujuan diadakannya Sosialisasi UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN adalah memberi pemahaman tentang peraturan kepegawaian yang berlaku pada saat ini, dan untuk menyamakan persepsi pada masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah dalam mengimplementasikan UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN yang sudah di sahkan pada tanggal 15 Januari 2014 lalu oleh Presiden Republik Indonesia.

Disebutkan Irkar, pelaksanaan sosialisasi ini diharapkan dapat menyampaikan amanat yang tercantum dalam UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN. “Bahwasannya dengan perubahan dan kompleksitas permasalahan di masyarakat saat ini perlu pula dibangun ASN yang memiliki integritas, profesional, netral dan bebas dari intervensi politik, bersih dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme, serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat dan mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa khususnya dalam mewujudkan visi kota tegal yakni terwujudnya Kota Tegal yang sejahtera dan bermartabat berbasis pelayanan prima,” tutur Irkar.

Sukamto SH dalam paparan materinya menyebut PNS diharapkan dapat bekerja dengan baik sampai batas usia pensiun. “Ibaratnya pesawat, ASN mampu landing dengan mulus jangan sampai jatuh sebelum batas usia pensiun karena melanggar aturan,” ungkap Sukamto.

Dengan aturan yang baru ini, ASN akan diberikan tunjangan kinerja, tunjangan kemahalan dan fasilitas serta pengembangan karir berdasarkan kualitas pendidikan, kompetensi, penilaian kinerja dan promosi sesuai kebutuhan organisasi. Selain itu ada integritas, loyalitas dan disiplin menjadi penilaian bagi ASN.
“Integritas seorang ASN juga masuk untuk pertimbangan dalam promosi,” tambahnya. tio(r) 

Share this article :