Home » , , » Antisipasi Impor, Program Swasembada Pangan Digalakan

Antisipasi Impor, Program Swasembada Pangan Digalakan

Written By suara rakyat on Wednesday, December 9, 2015 | 1:45 AM

Brebes, (suararakyattegal.com) - Wakil Bupati Brebes Narjo SH, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Efdal Nazra Sip, Ketua Komisi IV DPRD Kab Brebes Imam Royani, Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Ir Budiharso Dwihartono beserta masyarakat menanam padi rame-rame. Mereka lakukan penanaman serentak setelah tiba musim hujan untuk mencapai percepatan tanam di tahun 2015.
Kebersamaan antara TNI, Pemkab dan masyarakat dilakukan di area persawahan Desa Karangsembung, Kecamatan Songgom Brebes, Senin (7/12) lalu.
Wakil Bupati Brebes sebelum menanam mengatakan, lahan pertanian merupakan sumber kehidupan masyarakat Indonesia. Meskipun sumber daya alam yang melimpah lainnya juga bisa menjadi sumber kehidupan, tetapi pertanian sangat vital. Karena masyarakat kita makanan pokoknya padi dan 60 persen berprofesi sebagai petani. 
“Kita perlu dukung pencapaian swasembada pangan yang sudah dicanangkan pemerintah,” ajaknya.
Dandim 0713/Brebes Efdal Nazra menjelaskan, Program Swasembada pangan yang ditetapkan oleh pemerintah harus kita dukung secara bersama-sama, tidak bisa kita bekerja sendiri-sendiri, harus guyub rukun. Pemerintah ingin mensejahterakan petani dengan memberikan kemudahan berupa subsidi pupuk, benih dan memberikan bantuan alat-alat mesin pertanian seperti Traktor dan alat mesin panen padi lainnya agar produksi dan penghasilan petani meningkat.
 “Semua yang kita lakukan, pada intinya untuk mensejahterakan kehidupan petani dan keluarganya,” ucapnya.
Pada program percepatan tanam padi, lanjutnya, Babinsa bekerjasama dengan PPL yang ada di desa-desa akan terjun langsung dilapangan untuk melakukan pendampingan kepada para petani. Diharapkan kiprah cancut taliwondo tersebut hasil panennya dapat meningkat. “Giat percepatan tanam padi dipandang sangat penting karena bagian upaya pencapaian swasembada pangan, khususnya tanaman padi,” tambah Efdal 
Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Ir Budiharso Dwihartono menambahkan, sesuai yang sudah dicanangkan Presiden RI Jokowi, diharapkan tahun 2017 bangsa Indonesia bisa Swasembada pangan. Dalam artian kebutuhan pangan khususnya padi dan beras tidak lagi mengandalkan Import dari luar, namun benar-benar dapat dipenuhi dari produksi pertanian dalam negeri. “Untuk mencapai hal itu, perlu kerja keras dan kerja sama seluruh elemen masyarakat. Termasuk para TNI yang ikut tandang,” pungkasnya. Tio(r)

Share this article :