Home » » Dukun Bayi Dan Kader Posyandu Brebes Terima Bantuan Uang Transpot

Dukun Bayi Dan Kader Posyandu Brebes Terima Bantuan Uang Transpot

Written By suara rakyat on Thursday, December 17, 2015 | 1:49 AM

Brebes, (suararakyattegal.com) - Kader Posyandu dan Dukun Bayi merupakan pahlawan kemanusiaan yang tak lekang oleh panas, dan tak lapuk oleh hujan. Mereka terus berjuang untuk menyelamatkan kehidupan manusia, tanpa pamrih dan tak kenal lelah.
Pujian tersebut disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE saat memberikan uang transport kader Posyandu dan Dukun Bayi serta penyerahan Kartu BPJS Kesehatan, di Aula Kecamatan Wanasari, Selasa (15/12) kemarin.
Tanpa peran mereka, kata Idza, angka kematian bayi (AKB) dan angka kematian ibu (AKI) sulit terbendung. “Atas perjuangan para kader posyandu dan dukun bayi, AKI dan AKB bisa ditekan,” kata Idza.
Bupati berharap, para kader dan dukun bayi terus berjuang menyelamatkan bayi dan ibu melahirkan dengan tulus ikhlas. Sehingga akan terlahir generasi yang berkualitas. “Bayine sehat, ibune selamet,” tuturnya.
Idza secara simbolis membagikan bantuan uang transport ke setiap kader posyandu sebesar Rp 200 ribu/orang dan pakaian seragam kader. Sedangkan untuk dukun bayi mendapatkan bantuan sebesar Rp 500 ribu per orang. 
Camat Wanasari Nuridin menjelaskan, di daerahnya terdapat 94 dukun bayi dan 634 kader posyandu. Mereka berasal dari Puskesmas Sidamulya dukun bayi 29 orang dan kader 180 orang. Puskesmas Jagalempeni Dukun bayi 27 orang dan Kader 207 orang, sedangkan Puskesmas Wanasari terdapat Dukun Bayi 38 orang dan Kader 249. “Keberadaan mereka sangat membantu proses peningkatan derajat kesehatan masyarakat, terutama untuk kelahiran bayi dan ibu melahirkan,” ungkap Nuridin. 
Nuridin sangat merindukan Kecamatan Wanasari menjadi daerah yang sehat, bersih dan nyaman. Untuk itu, dia mengajak kepada seluruh warga wilayah kecamatan wanasari untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat. 
“Mari kita bergotong royong, guyub rukun membangun derajat kesehatan masyarakat menjadi lebih baik,” ajaknya. tio(R)

Share this article :