Home » , , » Pemda Brebes Bakal Buka Akses Antar Kabupaten

Pemda Brebes Bakal Buka Akses Antar Kabupaten

Written By suara rakyat on Saturday, December 12, 2015 | 7:22 AM

Dr H. Illia Amin MMPd
Brebes, (suararakyattegal.com) - Upaya pembukaan infrastruktur jalan menuju gerbang perbatasan antar wilayah Kabupaten Pemda Brebes pada anggaran 2016 mendatang akan membangun dan membuka akses jalur Bantarkawung Kabupaten Brebes – Cilacap maupun Banyumas.

Hal ini  guna mendekatkan daerah teriter ke arah central dan memperlancar sektor perekonomian masyarakat, hal ini diungkapkan KetuaDPRD Brebes, Dr H. Illia Amin MM Pd saat ditemui pra acara pemberian santunan kematian korban Tol Cipali di Desa Cibentang Kecamatan Bantarkawung belum lama ini.

Illia amin mengatakan, sejumlah ruas jalan yang merupakan gerbang perbatasan antara Kabupaten Brebes dengan beberapa kabupaten lain, 2016 mendatang akan dilakukan dengan membuka sarana infrastruktur jalan baru. Diantaranya Kali jambe Cinanas – Cilacap, Tambakan – Cinanas dan Ciawi – Bunter.dan salah satu gerbang yang sudah dibuka saat ini yakni ruas jalan Karangpari – Cilacap dengan tujuan jarak tempuh untuk menuju kabupaten tetangga relatif lebih dekat.

“Ini juga merupakan salah satu program Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah”, katanya.

Upaya pembukaan infrastruktur jalan menuju gerbang perbatasan ini guna mendekatkan daerah central dan memperlancar sektor perekonomian masyarakat hal ini ditarget pada tahun 2019 mendatang  harapan tersebut sudah terwujud.

Pihaknya juga telah melakukan komitmen dengan beberapa kades yang terletak di wilayah-wilayah perbatasan dan semuanya menyambut  dan merespon serta mendukung penuh. Di ruas jalan menuju perbatasan ada beberapa yang sudah ada akses jalannya dan adapula yang masih belum.dibangun.

“Untuk itu sedikitnya Rp. 10,6 miliar lebih dari APBD Brebes telah dianggarkan guna membuka infrastruktur jalan menuju gerbang perbatasan tersebut,” ungkapnya.

Illia Amin menambahkan, tidak dipungkiri di kabupaten tetangga meskipun itu di kawasan hutan sekalipun jalan menuju perbatan Brebes telah di hotmix dengan baik, sementara di perbatasan Kabupaten Brebes masih belum layak. Oleh karenanya juga jangan sampai ketinggalan dan setidaknya harus bisa menyamakan dengan kabupaten lain.

“Saya optimis jika akses jalan menuju kabupaten tetangga ini terrealisasi dengan baik dengan menggunakan anggaran yang dimiliki Pemda Brebes secara bertahap akan terwujud  pada tahun 2019 mendatang”, pungkasnya.imam(r)

Share this article :