Pemdes Setda Brebes Sosialisasikan Pelaksanaan Pilkades Tahap III - suara rakyat
Home » » Pemdes Setda Brebes Sosialisasikan Pelaksanaan Pilkades Tahap III

Pemdes Setda Brebes Sosialisasikan Pelaksanaan Pilkades Tahap III

Written By suara rakyat on Tuesday, December 8, 2015 | 4:00 AM

Bumiayu, (suararakyattegal.com) – Jelang  pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) tahap III di  Kabupaten Brebes pada 2016 mendatang Pemda Brebes melalui Tata Pemdes Setda Brebes menggelar sosialisasi Tahapan Awal Pilkades dibeberapa wilayalah kecamatan yang desanya mengalami kekosongan Kepala Desa (Kades) maupun kadesnya yang mengalami masa habis jabatan.

Kasubag Tata Pemdes Setda Brebes, Afroni SH mengatakan, aturan Pilkades saat ini berbeda dengan Pilkades terdahulu, sekarang diatur dalam Perda nomor 06 tahun 2015  calon Kades minimal 2 calon dan maksimal 5 calon, jika sampai batas waktu penutupan pendaftaran tidak ada 2 Calon maka pendaftaran diperpanjang atau diundur selama 20 hari. Dan  jika pada batas waktu perpanjangan pendaftaran tak ada yang mencalonkan, maka Bupati akan menunjuk  pjs (pejabat sementara) sampai ada penyelenggaraan Pilkades serentak selanjutnya.

Selain itu manakala calon lebih dari lima calon maka untuk menentukan calon kadedat bakal calon yang berhak maju dilakukan seleksi yang bersifat tambahan dengan menggunakan kriteria pengalaman kerja pada kelembagaan pemerintah, tingkat pendidikan dan faktor usia. Dan untuk seleksi dilakukan secara tertulis, ujarnya saat ditemui usai acara Sosialisasi Pilkades di Aula kantor Kecamatan Bumiayu. Senin, 07/12 kemarin

Dijelaskan dalam sosialisasi tersebut syarat calon kades minimal berpendidikan SMP sederajat, berusia minimal 25 tahun dan maksimal tidak ditentukan dalam Perda tersebut. Calon kades tidak pernah menjabat kades selama tiga kali masa jabatan, hal ini baik berturut turut maupun tidak, dan dalam tahapan Pilkades untuk pembentukan kepanitiaan dijadwalkan pada bulan februari 2016 mendatang,  jelasnya.

Sosialisasi pilkades di dua wilayah kecamatan yaitu Bumiayu dan Paguyangan yang digelar diaula  Kantor kecamatan Bumiayu dihadiri  Kades, Ketua BPD Desa yang akan menggelar Pilkades diantartanya kecamatan Bumiayu  Desa  Kaliwadas, Penggarutan  dan desa  Adisana, sedangkan kecamatan Paguyangan hanya satu desa yaitu desa Cilibur.Imam(r)

Share this article :