Home » , » Proyek Irigasi Dalam Proses Pengerjaan Jebol

Proyek Irigasi Dalam Proses Pengerjaan Jebol

Written By suara rakyat on Tuesday, December 8, 2015 | 2:57 AM

Bumiayu, (suararakyattegal.com) - Proyek perbaikan bendung irigasi Damrau Dukuh Mungggang Desa Kalierang kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes yang belum mencapai selesai 100 persen sekitar dua pekan lalu mengalami ambrol, diduga pekerjaan tersebut digarap rekanan asal-asalan.

Proyek Pengairan Energa Sumber Daya Mineral (ESDM) yang didanai APBD 2015 senilai 120 juta ambrol akibat diterjang derasnya aliran sungai. Bendungan yang gunanya untuk mengaliri irigasi lahan pertanian milik warga seluas 25 Hektar itu sekarang kondisinya rusak parah.

 Hal tersebut diakibatkan tidak mampu menampung debit air dan kini tidak berfungsi lagi. Padahal pada tahun 2014 yang lalu juga mengalami hal yang sama, akibat ambrolnya bendungan tersebut sehingga lahan pertanian  milik warga itu kembali terancam kekurangan air.

Kepala Desa Kalierang Amar Khumaidi dirinya membenarkan Bendung Damrau yang masih dalam proses pengerjaan perbaikan telah jebol, dan pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut ke UPTD  Pengairan dan ESDM setempat. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak mengganggu lancarnya irigasi untuk lahan pertanian milik warganya, sehingga segera dilakukan penanganan darurat dengan memasang bronjong berisi batu.

“ Iya benar Bendung Damrau yang masih dalam proses pengerjaan ambrol, dan saya sudah melapor ke UPTD terkait untuk segera melakukan penanganan darurat dengan memasang brojong berisi batu” terangnya. imam(r)

Share this article :