Brebes Bagian Selatan Berharap Fungsinya Embung - suara rakyat
Home » , » Brebes Bagian Selatan Berharap Fungsinya Embung

Brebes Bagian Selatan Berharap Fungsinya Embung

Written By suara rakyat on Saturday, January 9, 2016 | 10:34 AM

Ir Slamet Riyadi 
Bumiayu,(suararakyattegal.com) - Upaya mengatasi kebutuhan air irigasi ribuan hektar lahan pertanian yang ada  di kabupaten Brebes disaat musim kemarau tiba, ribuan petani membutuhkan embung sebagai pasokan / persediaan penampungan air, pasalnya embung-embung yang ada sudah tidak berfungsi lagi, sehingga perlunya dibuatkan kembali embung yang baru. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pengairan dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ir Slamet Riyadi, usai menghadiri acara Maulid Nabi SAW yang digelar oleh Paguyuban Pertani Pengguna Air (P3A) Kabupaten Brebes bagian selatan di Pendopo 2 Bumiayu Kamis (7/1) kemarin.

Kepala Dinas Pengairan dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ir Slamet Riyadi mengatakan, embung merupakan penampungan air untuk cadangan kebutuhan irigasi pertanian, manakala petani kesulitan air dalam penggarapan lahan pertaniannya pada musim kemarau yang berkepanjangan, maka perlu adanya dibangun atau ditambah sesuai kebutuhan. Embung yang telah dibangun sejumlah 15 embung tersebut, kondisinya sekarang sudah tidak berfungsi lagi sehingga dimohon agar diperbaiki kembali, katanya.

Dijelaskan, untuk penambahan embung tersebut terutama untuk wilayah Brebes bagian utara yang seringkali mengalami kesulitan air, selain kekurangan embung juga perlu dilakukan perbaikan pintu-pintu air yang saat ini mayoritas kondisinya sudah rusak. Namun untuk membangun penambahan embung baru, maupun memperbaiki fasilitas tersebut  Pemda Brebes tidak memiliki anggaran yang cukup sehingga diperlukan dukungan dari pemda Propinsi maupun Pusat.

Sementara Damayanti Wisnu Putranti Anggota DPR RI yang sempat hadir di acara tersebut menanggapi, persoalan yang dibutuhkan oleh para petani pihaknya berjanji akan mengupayakan membantu petani Brebes untuk membangun embung dan infrastruktur pertanian lainnya. 

“saya akan bantu mengupayakan bilamana pertanian di Brebes membutuhkan embung dan infrastruktur lainnya” tegasnya.

Acara tersebut dihadiri Anggota DPR RI dari komisi V, Kepala  dan jajaran Dinas ESDM Kabupaten brebes, Muspika Bumiayu, dan Ratusan perwakilan Paguyuban P3A se Brebes selatan. imam(r)

Share this article :