Home » , » Desa Ragatunjung Siap Bangun Pasar Demi Perekonomian Rakyat

Desa Ragatunjung Siap Bangun Pasar Demi Perekonomian Rakyat

Written By suara rakyat on Monday, January 11, 2016 | 2:38 AM

Photo : Ilustrasi
Paguyangan, (suararakyattegal.com) - Dalam memajukan dan mensejahterakan juga meningkatkan roda perekonomian rakyat, serta meraup Pendapatan Asli Desa (PADes). Pemerintah Desa Ragatunjung kecamatan Paguyangan akan membangun pasar desa, hal ini diungkapkan kepala Desa setempat, Masduki SE saat ditemui diruang kerjanya  Kamis (8/1) kemarin.

Masduki mengatakan, rencana membangun pasar desa memang membutuhkan anggaran yang cukup besar, oleh karena itu perlu adanya kucuran Anggaran Dana Desa dari pusat. Pihaknya akan memanfaatkan untuk membangun sebuah pasar desa, sehingga masyarakatnya bisa melakukan aktivitas jual beli didesanya sendiri tanpa transaksi diluar desa dalam melakukan jual beli hasil bumi dan kebutuhan hidup.

“Menurut saya anggaran kira-kira sekitar 1,5 Miliar dan itu untuk pengadaan lahan serta pembangunan los dan kios, juga pembangunan jembatan untuk akses jalan pasar tersebut” ungkapnya.

Lebih lanjut, kades menjelaskan pada tahap awal Pemdes akan melakukan pengadaan lahan untuk lahan pasar bahkan saat ini sudah ada negoisasi dengan pemilik tanah, lahan tersebut berada persis di sebelah utara kantor Pemdes seluas 1700 M2. Pengadaan lahan pasar tersebut dianggarkan Dana Desa 2016 tahun ini, dan untuk pembangunan pasar berupa kios serta los/petak pedagang dianggarkan ADD  tahun 2016 dan 2017, diharapkan pada awal tahun 2018 mendatang pasar tersebut sudah berfungsi, jelasnya.

Dia menambahkan, untuk mewujudkan sebuah pasar desa ini perlu melibatkan pihak Pemda melalui dinas terkait dan mendirikan badan perusahaan desa. Nantinya lokasi pasar  yang akan digunakan para pedagang ditata secara  blok-blok jenis dagangannya, seperti blok sayur mayur, sembako, pakaian dan perdagangan hewan, pungkasnya.

Sementara sekretaris kecamatan Paguyangan, Rokhman SH mendukung rencana pembangunan pasar didesa Ragutunjung, karena daerah tersebut menghasilkan komoditi hasil bumi, sehingga untuk meramaikan pasar tersebut tentunya pedagang maupun tengkulak dari luar daerah banyak yang datang untuk bertransaksi, katanya. imam(r)


Share this article :