Home » , » ESDM Brebes Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam Geologi

ESDM Brebes Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam Geologi

Written By suara rakyat on Friday, January 1, 2016 | 5:43 PM

Sirampog, (suararakyattegal.com) - Balai Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) wilayah Serayu utara Propinsi Jawa Tengah menggelar Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam Geologi di Aula kantor Kecamatan Sirampog, Rabu (30/12) kemarin.

Kepala Balai ESDM wilayah Serayu utara Ir Hasan Basri mengatakan, sosialisasi ini digelar dalam upaya sedini mungkin untuk memberikan pengertian kepada masyarakat luas khususnya masyarakat didaerah pegunungan tentang pencegahan potensi bencana alam, dan pihaknya mengajak masyarakat untuk selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam.

Lebih lanjut Hasan Basri menjelaskan, wilayah pegunungan merupakan daerah yang cukup rawan terjadi bencana alam geologi, dan bisa juga longsor bahkan letusan gunung berapi. Namun demikian ketika terjadi bencana, masyarakat tidak memahami dan tidak bisa menjaga lingkungan dengan baik, maka untuk itu masyarakat perlu diberi pemahaman tentang penanggulangan dan penanganan, serta pengertian tatacara melakukan penyelamatan, seperti melakukan evakuasi agar bisa selamat dari bencana.

Acara tersebut menghadirkan 2 narasumber yaitu Purwanto dan Suprapto,  keduanya sebagai dosen  Fakultas Teknologi Mineral di Universitas Veteran Yogyakarta.  Dalam acara juga dihadiri oleh seluruh Kades dan perwakilan anggota BPBD, Muspika setempat serta Instasi terkait se Kecamatan Sirampog. imam(r)



Share this article :