Kecamatan Bumiayu Adakan Musrenbangdes Secara Marathon - suara rakyat
Home » » Kecamatan Bumiayu Adakan Musrenbangdes Secara Marathon

Kecamatan Bumiayu Adakan Musrenbangdes Secara Marathon

Written By suara rakyat on Wednesday, January 13, 2016 | 9:28 AM

Bumiayu, (suararakyattegal.com) - Musrenbangdes (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa) merupakan kegiatan musyawarah tahunan yang membahas mengenai perencanaan pembangunan desa. Berbeda dengan rakordes yang menitikberatkan pada pembangunan yang telah dicapai. Musrenbangdes lebih terfokus pada perencanaan pembangunan desa untuk tahun berikutnya. 
Dalam Musrenbang dipaparkan kepada seluruh peserta mengenai laporan rancangan anggaran pembangunan yang dilakukan oleh tiap-tiap RW yang berada di tiap desa, hal ini diungkapkan Sekcam Bumiayu, Eko Purwanto SP saat menghadiri Musrenbangdes 2016 di desa adisana kecamatan Bumiayu kabupaten Brebes, belum lama ini.

Camat Bumiayu melalui sekcam menambahkan, pelaksanaan musrenbangdes 2016 ini digelar secara marathon ditiap desa yang ada di kecamatan Bumiayu berjumlah 15 desa dimulai sejak tanggal 1-16 januari 2016. Perlunya kegiatan ini untuk menentukan arah dan rencana pembangunan ditiap desa untuk Tahun 2017 mendatang. Adapun usulan yang dibahas atau diajukan merupakan hasil musyawarah dari tiap – tiap dusun (Musdus), yang kemudian dibahas dan disampaikan dalam acara musrenbang tingkat desa. Adapun hasil dari musrenbang tersebut antara lain, menentukan delegasi untuk mengikuti Musrenbang Tingkat Kecamatan.

Pelaksanaan  musrenbangdes tahun 2016 merupakan dokumen usulan rencana kerja pembangunan untuk dilaksanakan pada tahun 2017 yang merupakan turunan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang akan diusulkan.

Lanjut Eko, dari hasil menghadiri musrenbang ditiap desa menerangkan mayoritas desa yang ada, saat ini masih membutuhkan pembangunan sarana insfrastruktur jalan, jembatan dan talud sebagai prioritas usulan yang diajukan pada tahun 2017. Dari semua usulan-usulan tersebut akan diajukan di Musrenbang Tingkat Kecamatan.
“ Saya berharap dari semua usulan-usulan itu bisa terealisasi di Tahun 2017”,  ujarnya. supriyati(r)

Share this article :