Home » , » Kecamatan Sirampog Siap Galakan Pilkades Serentak

Kecamatan Sirampog Siap Galakan Pilkades Serentak

Written By suara rakyat on Wednesday, January 20, 2016 | 1:54 AM

Photo : Ilustrasi
Sirampog, (suararakyattegal.com) - Mengacu pada undang-undang (UU) no.6 tahun 2014 tentang desa, Peraturan Pemerintah (PP) no. 43 tahun 2014. Pemendagri no. 112 tahun 2014 dan Peraturan Daerah no 6 tahun 2015 tentang Pilkades serta Peraturan Bupati no 074 tahun 2015 tentang Pilkades secara serentak, tiga desa di kecamatan Sirampog kabupaten Brebes siap menggelar Pilkades yang akan dilaksanakan secara serempak bersama desa-desa dikabupaten Brebes pada 17 April 2016 mendatang, hal ini dikatakan kasie PMD kecamatan Sirampog, Mujahid SH saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (19/1) kemarin.

Camat Sirampog, Munaedi SH melalui Kasie PMD, Mujahid SH menerangkan di kecamatan Sirampog dari 13 desa yang mengalami kekosongan kades karena habis masa jabatan maupun meninggal dunia, serta mengundurkan diri maupun yang tersangkut masalah hukum dinyatakan akan siap digelarnya Pilkades secara serentak. Dan data desa-desa tersebut yaitu Desa Buniwah, Desa Mendala dan Desa Igirlanceng. Kesiapan ini sebelumnya dilakukan rakor diruang camat setempat dengan Pj Kades dan Ketua BPD dari ketiga Desa tersebut untuk memastikan kesiapan sesuai dengan tahapan yang ditetapkan oleh Pemda Brebes, jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Mujahid setelah memastikan kesiapan pelaksanaan Pilkades ketiga desa tersebut masing-masih telah terbentuk Kepanitiaan Pilkades sejak senin 18 hingga selasa 19 januari 2016.

Sesuai tahapan ketiga desa tersebut maka telah terbentuknya kepanitiaan tahap berikutnya, dan masing-masing desa untuk membuka pendaftaran bakal calon dari tanggal 24 Januari hingga 1 Februari 2016, dilanjut penetapan bakal calon menjadi calon pada 1 April, diteruskan kampanye 16 April dan pemungutan dilaksanakan 17 April 2016 mendatang secara serentak. Dan pihaknya  berharap dalam pelaksanaan Pilkades kertiga desa tersebut nanti bisa berjalan lancar aman serta kondusif, ujarnya.

Sementara Pilkades untuk kecamatan Bumiayu dar ada 3 desa yang akan menggelar Pilkades serentak, diantaranya Desa Penggarutan, Desa Adisana, dan Desa Kaliwadas, sedangkan untuk Kecamatan Paguyangan Dari 12 desa hanya 1 Desa yaitu Desa Cilibur.imam(r)

Share this article :