Home » , , » Pelepasan Balon, Bupati Launching CFD Alun-alun Brebes

Pelepasan Balon, Bupati Launching CFD Alun-alun Brebes

Written By suara rakyat on Monday, January 25, 2016 | 6:03 PM

Brebes, (suararakyattegal.com) - Ribuan masyarakat Brebes mengikuti senam sehat dalam rangka launching Car Free Day (CFD) atau hari bebas berkendaraan bermotor, Minggu (24/1/16) kemarin. 
Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi tingkat polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat. Juga untuk meningkatkan kesehatan, ekonomi kerakyatan dan unjuk kreatifitas warga.
Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE menjelaskan, meskipun agak terlambat program ini dilakukan namun lebih baik karena ada perubahan pola perilaku masyarakat dalam hidup bersih, sehat, kreatif dan inovatif.  “Setidaknya, masyakat terhindar dari polusi khususnya yang diakibatkan oleh asap kendaraan, sehingga masyarakat dapat selalu menghirup udara yang bersih dan sehat,” ujarnya.
Lebih lanjut Idza mengatakan, untuk kedepannya masyarakat Brebes terbiasa dengan pola hidup sehat. Acara tersebut digelar di kawasan alun-alun dan sepanjang jalan Tritura, Jalan Slamet dan jalan Ustadz Abas Brebes. ”Diharapkan juga acara Car Free Day dapat menjadi ajang kebersamaan, meningkatkan ekonomi kreatif,” tuturnya.
Selain itu, Idza mengajak kepada masyarakat Brebes untuk gemar berolahraga, menjaga kesehatan, serta menjaga dan melestarikan lingkungan agar tetap bersih, dan terhindar polusi,” ajaknya. 
Kepala Dinas Perhubungan, komunikasi dan Informatika Kabupaten Brebes Mayang Sriherbimo mengaku telah melakukan persiapan dan perbaikan berbagai sarana prasarana kota, agar alur kendaraan berjalan sesuai dengan ketentuan undang-undang. CFD juga bisa memberikan point positf dalam penilaian Wanatata Nugraha. 
“Kenyamanan warga saat CFD harus kita jamin agar benar-benar sehat dan gembira,” kata Mayang.
Warga Desa Wangandalem Supendi mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan CFD. Menurutnya, melalui ajang Car Free Day masyarakat bisa sehat dan bersantai. Selain itu, bisa juga untuk meningkatkan jalinan komunikasi sesama masyarakat. 
“Ini merupakan kegiatan yang baru pertama kali saya ikuti, karena memang baru dibuka. Saya berharap, dapat dilaksnakan seminggu sekali,” pintanya. 
Dalam kegiatan tersebut, terlihat semua kalangan masyarakat, mulai dari yang anak-anak, remaja putra putri hingga tua sangat antusias. Tidak hanya senam saja yang bisa dilakukan di alun-alun, terlihat juga anak-anak lelaki bermain bola dengan sangat ceria. Juga sekelompok penggemar binatang melata memamerkan kepemilikannya kepada pengunjung CFD.
Acara launching hari bebas berkendara (Car Free Day) tersebut, dibuka Bupaati Brebes Hj Idza Priyanti SE di dampingi suami Drs Kompol H Warsidin MH ditandai dengan pelepasan balon. Tampak hadir Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Efdal Nazra beserta Istri dan anak, para Kepala Dinas dan SKPD, para Camat, serta Kepala Desa dan pejabat lainnya, juga ribuan masyarakat Brebes. tio(r)

Share this article :