Home » , , » Pilkades Hanya Mencari Figur Pemimpin Saja

Pilkades Hanya Mencari Figur Pemimpin Saja

Written By suara rakyat on Monday, January 25, 2016 | 5:17 PM

Bumiayu, (suararakyattegal.com) - Dalam rangka persiapan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak di Kecamatan Bumiayu yang agendanya akan dilaksanakan pada tanggal 17 april 2016 mendatang, camat bersama jajaran Muspika memberikan pengarahan kepada para ketua panitia pilkades dan calon kades di tiga desa. Baru-baru ini. 
Untuk mencapai kesuksesan dalam pelaksanaan Pilkades serentak diwilayah kecamatan Bumiayu kabupaten Brebes, diminta siapapun yang di pilih menjadi panitia Pilkades harus menjaga kenetralisasiannya dan bisa memposisikan diri. Panitia harus berada ditengah-tengah, mengakomodir semua keinginan warga dan calon Kepala Desa, hal tersebut diungkapkan Camat Bumiayu Urip Rosidik SIP, pada setiap acara pembentukan panitia Pilkades di 3 desa yang akan menggelar Pilkades serentak 17 April 2016 mendatang.
“Saya menghimbau dengan adanya panitia Pilkades yang telah dibentuk oleh Badan Perwakilan Desa (BPD), tidak dimaksudkan untuk memfasilitasi salah satu calon Kades saja, akan tetapi semua calon”, ujarnya.

Camat juga meminta, bagi panitia yang tidak bisa netral dan condong ke salah satu calon agar sebaiknya mengundurkan diri saja dari kepanitiaan. “Lebih baik mundur jadi panitia pilkades kalau tidak bisa netral dan hanya memfasilitasi salah satu calon. Lalu jadi tim sukses saja, kan malah bagus,” tegasnya.

Urip Rosidik menambahkan, untuk tahapan-tahapan pilkades di tiga desa diantaranya Desa Penggarutan, Desa Kaliwadas dan Desa Adisana. Dalam pelaksanaannnya nanti Pihaknya menghimbau kepada panitia agar bisa netral termasuk kepada tim sukses masing-masing calon agar tidak melakukan hal-hal yang mengundang keributan yang berakibat terjadinya bentrokan atau gesekan antar warga. Karena pesta demokrasi pemilihan Kepala Desa, adalah hanya sarana untuk mencari seorang figur pemimpin dengan suara terbanyak.
"Kita tetap konsisten berada ditengah-tengah, semua keinginan calon diakomodir, sepanjang tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku”. Tegasnya.
Acara Pilkades itu sesuai Perda, dan untuk acara ini juga harus dibuat aturan pemilihan ini dengan berdasarkan Perda juga. Sehingga jika ada komplain dari pihak manapun, kita punya dasar hukum yang jelas, sehingga semua calon tidak merasa ada yang dirugikan, terang camat.
“Kita mohon kepada warga, harus bisa menghargai pilihan orang lain, toh ini kan hanya permainan, pasti ada yang menang dan kalah,"pungkasnya. imam(r) 

Share this article :