Home » , » Warga Keracunan Usai Santap Nasi Kuning

Warga Keracunan Usai Santap Nasi Kuning

Written By suara rakyat on Tuesday, January 19, 2016 | 1:35 AM

Tonjong,(suararakyattegal.com) - Beberapa anak dan orang dewasa warga Dukuh Wadasgumantung desa Kutamendala Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes, mengalami keracunan seusai mengikuti acara ulang tahun salah satu anak warga setempat. Jumat (15/1) kemarin.
Menurut Umi (27) ibu dari Nova (4) yang merupakan salah seorang korban keracunan yang sempat dirawat di Puskesmas Tonjong mengatakan, anaknya mengalami pusing-pusing setelah menyantap makanan yang dibagikan Suwanda Saputra (28) yang menggelar acara ulang tahun anaknya Ninda (2). 
Kepala Puskesmas Tonjong, dr Ida Rahmawati mengungkapkan, seluruh korban benar mengalami keracunan makanan, mereka segera dibawa ke puskesmas dan ditangani hingga dua hari mereka bisa sembuh dan diperbolehkan pulang. Pihaknya menghimbau kepada masyarakat manakala terjadi kasus serupa agar segeralah korban dilarikan ke Puskesmas untuk ditangani oleh medis, ungkapnya.  
Sementara Kapolsek Tonjong AKP Misyanto membenarkan adanya sejumlah anak-anak dan orang dewasa yang mengalami keracunan di Dukuh Wadasgumantung.
Dijelaskan Misyanto, korban mengalami mual-mual dan muntah-muntah selepas menyantap makanan berupa nasi kuning, telur, tempe, dan mentimun yang dibagikan dalam acara ulang tahun salah seorang warga. 
Dari nama-nama korban keracunan diantartanya Nova (4), Ekasari (16), Tuslina (32), Wahad (35), Dani (12), Dilla Safitri (12), Anggel (11), Sularsi (32), Cika (4), Rina (27), dan Rini (8).
Seluruh korban keracunan langsung dilarikan ke Puskesmas Tonjong, namun karena keterbatasan kamar perawatan sebagian korban di bawa ke Puskesmas Kesambi di Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal yang letaknya tidak begitu jauh dari Lokasi kejadian.
Walaupun acara yang diperuntukan untuk anak-anak, namun ada juga korban orang remaja maupun dewasa. Enam korban langsung diperbolehkan pulang oleh pihak medis puskesmas setempat." Ujar AKP MIsyanto saat ditemui diruang kerjanya.
Kasus korban keracunan tersebut saat ini sedang dalam penanganan kepolisian setempat.imam(r)

Share this article :