Home » , » Koramil 12/Bantarkawung Adakan Gerakan Rutin Penghijauan Lingkungan (GRPL)

Koramil 12/Bantarkawung Adakan Gerakan Rutin Penghijauan Lingkungan (GRPL)

Written By suara rakyat on Thursday, February 4, 2016 | 10:24 PM

Bantarkawung, (suararakyattegal.com) - Muspika Kecamatan Bantarkawung, LSM Peduli Lingkungan, pelajar dan masyarakat di 6 desa pemakai air bersih, diantaranya desa Bantarkawung, Bangbayang, Jipang, Sindangwangi, Bantarwaru dan desa Pengarasan tengah menggelar kegiatan yaitu, Gerakan Rutin Penghijauan Lingkungan (GRPL) Sumber Mata Air Dan Hutan. Rabu (03/02) kemarin. 
Kegiatan ini dilakukan guna penyelamatan mata air dan lingkungan dari bencana longsor, banjir dan kekeringan yang di laksanakan disepanjang sumber mata air Cihireup dan hutan KPS Cigunung Petak 37B Sindangwangi Kecamatan Bantarkawung. Dalam kegiatan ini melibatkan beberapa instansi diantaranya dari TNI yaitu Koramil 12/Bantarkawung, Perhutani KPH Bantarkawung, Dinas UPTD Kecamatan Bantarkawung, pelajar dan masyarakat.
Sedangkan sasaran pada kegiatan ini adalah menanam tanaman pelindung dan buah- buahan di lingkungan sumber mata air, penanaman pengembangan pada lokasi kebun masyarakat yang dilalui pipa PDAM dan pipa Pamsimas di masing-masing desa, serta pegamanan jaringan pipa di pinggir sungai Cigunung mulai dari sungai Cihirup - Bendung Petahunan - Pendil Kemplang – Cilinduk – Jipang. 
Bibit pohon yang ditanam sejumlah 30.000 bibit pohon diantaranya bibit Beringin, Trembesi, Picung, Bambu, Damar, Bungur, Manglid, Kemiri, Puspa, Nagasari, Nangka, Pete, Matoa, Jati, Sengon, Mahoni, Sure dan Akasia. 
Menurut Serma Ismail, Anggota Koramil 12/Bantarkawung, dengan momentum penanaman ini, mari kita jadikan sebagai awal kita untuk merencanakan dalam menghijaukan kembali di lingkungan sekitar kita, dan diharapkan dapat benar-benar bisa dilaksanakan oleh masyarakat pada umumnya. imam(r)

Share this article :