Home » , » Pelayanan E-KTP Jangan Pernah Berhenti

Pelayanan E-KTP Jangan Pernah Berhenti

Written By suara rakyat on Thursday, February 4, 2016 | 10:16 AM

Brebes, (suararakyattegal.com) - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tengah mengunjungi beberapa instansi-instansi yang ada di wilayah Brebes, dan diantaranya Kantor Disdukcapil. Polres, Kodim 0713/Brebes, Jembatan Timbang, dan lainnya.
Ganjar saat berkunjung ke Disdukcapil mengatakan, guna memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dalam pembuatan E-KTP, semestinnya bisa dilakukan di level atau tingkat desa.
"Di kecamatan saja bisa kok. Kalau di sinikan Dinas Kependudukan Catatan Sipil  (Disdukcapil)  terlalu kejahuan," tutur Ganjar disela-sela kunjungannya ke Disdukcapil Kabupaten Brebes, Rabu (3/2) siang, kemarin.
Ganjar menjelaskan, untuk bisa memberikan pelayanan E-KTP di tingkat desa nantinya bisa dibantu dengan perangkat yang lebih mudah dengan catatan ada rembugan dari Disdukcapil terkait biaya yang dibutuhkan.
Seringkalinya Disdukcapil mengalami keterlambatan/molornya pembuatan E-KTP, lanjut Ganjar, dikarenakan adanya peralihan atau migrasi server dari Indosat ke Telkom namun jatahnya terlalu kecil sehingga sistem kerjanya lelet.
“Padahal tadi kita lihat cara kerjanya sudah bagus dan cepat. Misal, di sinikan sesuai Perda pelayanan permohonan E-KTP selama dua minggu. Jadi, kalau data sudah sesuai tinggal menunggu saja,” terangnya.
“Kalau bisa nanti agar pelayanan lebih maksimal, tidak ada petugas yang istirihat. Wong ini, jaman sudah serba oke ko. Boleh istirihat kalau pada jam istirahat atau paling tidak bergantian, sehingga pelayanan terus berjalan,” imbuhnya.
Usai meninjau pelayanan di Disdukcapil Kabupaten Brebes, selanjutnya Ganjar beserta rombongan melakukan pemantauan di Jembatan Timbang Desa Tanjung, kemudian ke jalan lingkar Kecamatan Ketanggugan. Setelah itu, melakukan kunjungan ke Polres dan Kodim 0713/Brebes.
Adapun dalam kunjungannya itu, selain melihat cara kerja pelayanan yang diberikan Disdukcapil, Ganjar juga berdialog dengan Kepala Disdukcapil beserta beberapa petugasnya. Bahkan, dalam kesempatan tersebut juga menyerahkan E-KTP kepada salah seorang  pemohon yang sudah mengajukan permohonan.tio(r)


Share this article :