Home » » Piala Adipura 2016 Jadi Target Kabupaten Brebes

Piala Adipura 2016 Jadi Target Kabupaten Brebes

Written By suara rakyat on Tuesday, February 23, 2016 | 8:11 AM

Brebes, (suararakyattegal.com) - Setelah menerima sertifikat Adipura 2015, Kabupaten Brebes bertekad bulat meraih Piala Adipura 2016. Kebulatan tekad tersebut disampaikan perwakilan dari masing-masing masyarakat yang menjadi titik pantau penilaian Adipura, saat rapat bersama di ruang rapat Bupati Brebes, Senin (22/2) kemarin. 
Bupati menyambut baik upaya masyarakat yang dengan gigih bertekad meraih piala Adipura 2016. Setelah 18 tahun menanti, ternyata baru bisa meraih sertifikat Adipura. 
“Saya mendukung penuh tekad masyarakat Brebes yang gigih meraih piala Adipura 2016,” kata Bupati.
Untuk itu, dia juga mendukung penuh dengan komitmen anggaran dan mendorong Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait berupa penambahan berbagai fasilitas dan sosialisasi kepada masyarakat secara luas. 
Meraih Piala Adipura, bukan hanya kerja Bupati atau kinerja Kantor Lingkungan Hidup semata. Tetapi upaya dan kerja keras serta sinergitas antara pemerintah daerah dengan seluruh elemen masyarakat. “Meraih piala Adipura tidak segampang yang kita bayangkan, karena itu harus ada upaya keras untuk mewujudkannya,” ujarnya.
Kepada seluruh pihak, Bupati menekankan agar sosialisasi dan komunikasi terus digencarkan. Sehingga timbul saling pengertian dan kesadaran bersama, bahwa meraih piala Adipura harus ada sengkuyung bersama, bergotong royong dan komitmen yang kuat dari seluruh elemen masyarakat. “Saya minta, kesadaran yang tinggi dari seluruh masyarakat bisa terpatri dalam dada, bahwa kita pun bisa meraih Piala Adipura,” tandasnya.
Rapat bersama persiapan penilaian Piala Adipura dipimpin Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Brebes Ir Djoko Gunawan MT. Dalam pengantarnya, Djoko Gunawan menerangkan bahwa untuk mendapatkan Piala Adipura harus direncanakan lebih awal dengan berbagai persiapan yang matang. Berbagai indicator capaian harus menjadi catatan bersama untuk dipertahankan nilainya yang telah diraih dan meningkatkan point sebagaimana pra syarat harus dicapainya. 
Kepala Kantor Lingkungan Kabupaten Brebes Drs H Edy Kusmartono MSi menjelaskan, Kabupaten Brebes untuk meraih Piala Adipura harus memenuhi cut of point (nilai batas bawah) sebesar 75. Secara umum, pada penilaian tahap I telah terjadi peningkatan yang signifikan. 
Namun, titik pantau yang perlu mendapatkan penanganan serius karena sangat jauh dari cut of point. Yakni, jalan utama arteri dan jalan kolektor hanya mendapatkan nilai 73,94. Pasar hanya 68,08, terutama untuk nilai Tempat Pembuangan Sampah hanya 30,00. Pertokoan sepanjang jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Pangeran Diponegoro 73,15. Terminal angkot Brebes 74,00. dan TPA Kaliwlingi nilai 65,26. “Khusus untuk TPA perlu langkah perbaikan dari sasaran akhir dengan mengubah TPA open dumping menjadi TPA Control Landfill atau TPA Sanitary Landfill,” tandas Edy. tio(r)

Share this article :