Home » , » Proyek PLPBK senilai Rp 4,25 Milyar Diresmikan

Proyek PLPBK senilai Rp 4,25 Milyar Diresmikan

Written By suara rakyat on Wednesday, February 17, 2016 | 2:59 AM

Brebes, (suararakyattegal.com) - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE meresmikan proyek Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas  (PLPBK)  senilai Rp 4,25 Milyar yang dipusatkan di Desa Pamijen Kecamatan Bumiayu Brebes. Peresmian ditandai dengan penandatanganan Prasasti dan Pengguntingan pita.
Menurut Koordinator Perkotaan (Korkot) Program Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP) Bambang Rudihartono mengatakan, proyek itu dilaksanakan di tiga tempat yaitu di desa Pamijen, Kalilangkap dan Kaliwadas. “Fokus kegiatan, berupa pembanguan infrastruktur dasar untuk perbaikan kualitas lingkungan hunian agar menjadi lebih baik, tertata, selaras dan berjati diri,” tuturnya di sela peresmian di Desa Pamijen, Senin (15/2). 
Dalam sambutannya Bupati berharap agar kegiatan yang sudah dilaksanakan bisa dijaga dan dipelihara sehingga dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.  Bupati juga mnyampaikan bahwa Pemkab  Brebes memprioritaskan pembangunan sarana dan prasarana fisik untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan aktifitas ekonmi sehari-hari.  Pemkab juga sangat mendukung kegiatan Program  Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP) sehingga nantinya kawasan perkotaan di Kabupaten Brebes bebas dari persoalan kumuh.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU Taru) Kabupaten Brebes Ir Nushy Mansur menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para relawan yang tergabung di BKM, TIPP dan KSM. Karena berkat kerja keras mereka, kegiatan PLPBK dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. 
Nushy Mansur melaporkan, berbagai sarana prasarana yang sudah dibangun antara lain dalam PLPBK tersebut antara lain pembangunan jamban untuk keluarga miskin sebanyak 49 unit, saluran drainase 2071 m, IPAL 1 unit, pembangunan jalan lingkungan (paving  776 m), MCK 1 unit, saluran limbah 441 m, rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 20 unit, Septic tank komunal 1 unit, Sarana air bersih 2 unit, gerobak sampah dan kendaraan roda tiga pengangkut sampah 4 unit, taman bermain dan pengadaan tong sampah 200 unit. 
Setelah penandatangan praasasti Bupti didampingi oleh staf ahli, Asisiten II, Kepala SKPD, Camat dan Korkot P2KKP meninjau stand pameran dilanjukan dengan Pengguntingan pita  di  bangunan sarana air bersih (SAB). Sebelum pamit Bupati sempat berfoto bersama dengan para relawan  yang selama ini bekerja keras melaksanakan kegiatan PLPBK. tio(r)

Share this article :