Home » » Jelang Penilaian Adipura Pemkot Tegal Lakukan Pembenahan Kota

Jelang Penilaian Adipura Pemkot Tegal Lakukan Pembenahan Kota

Written By suara rakyat on Wednesday, March 2, 2016 | 10:39 AM

Tegal, (suararakyattegal.com) - Keseriusan Pemerintah Kota Tegal untuk meraih penghargaan bergengsi Adipura tahun ini dibuktikan dengan pembenahan berbagai sudut wajah kota Tegal. Tak terkecuali pembenahan trotoar, pemasangan pot bunga, penertiban reklame dan baliho sehingga wajah Kota Tegal berubah menjadi lebih baik.
Hal tersebut diungkapkan Walikota Tegal usai melaksanakan Monitoring Wajah Kota bersama Plt Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Sintha SH MH, Asisten I Drs  Imam Badarudin, Asisten II Herlien Tedjo Oetami SH, Kepala Bappeda Kota Tegal Ir Nur Effendi MSi, Senin (29/02) kemarin.
“Monitoring ini dalam rangka Kota Tegal mempersiapkan diri untuk penilaian Adipura. Sudut-sudut kota kita hijaukan dengan pot-pot tanaman, penataan trotoar, plang reklame, gapura masuk kelurahan dan kecamatan untuk dicat dengan warna bahari,” ungkap Walikota usai melakukan monitoring wajah kota.
Nur Effendi menambahkan, Pemkot Tegal berupaya melakukan pembenahan dengan penghijauan, penataan trotoar, penataan pot, kebersihan jalan, PKL dan reklame. Sebab target pada bulan Oktober akan dilaksanakan penilaian Adipura sehingga diharapkan mendapat nilai yang bagus.
Selain pembenahan wajah kota, hal yang ditekankan agar penilaian Adipura mendapat nilai maksimal adalah pemberdayaan masyarakat dalam menjaga lingkungan. Salah satunya dengan adanya bank sampah di setiap RW dalam satu kelurahan di seluruh Kota Tegal.
“Tiap-tiap RW di kelurahan diberdayakan masyarakat untuk membentuk bank sampah,” ungkap Nur Effendi.
Kemudian untuk menseragamkan tampilan wajah kota, baik gapura masuk kelurahan maupun gapura masuk kecamatan segera dibenahi tampilan yang menarik dengan warna bahari. Sedangkan penghijauan yang dilakukan oleh gugus tugas penghijauan dan forum komunikasi hijau agar diaktifkan kembali.
Monitoring Wajah Kota yang dilaksanakan oleh walikota menyisir Jalan Protokol dengan melewati Alun-alun, Jl Diponegoro, Jl Jend Sudirman, Jl Kol Sugiono, Terminal hingga perbatasan Kabupaten Brebes, dan dilanjutkan ke Jalan-jalan protokol lainnya yang ada di Kota Tegal. tio(r) 

Share this article :