Home » , » Pesta Ponggol dan Telor Asin Meriahkan HUT Kota Tegal

Pesta Ponggol dan Telor Asin Meriahkan HUT Kota Tegal

Written By suara rakyat on Thursday, April 14, 2016 | 1:54 AM


Tegal, (suararakyattegal.com) - Pesta ponggol dan telor asin telah dirasakan dan dinikmati warga Kota Tegal seusai mengikuti Upacara memperingati Hari Jadi ke-436 Kota Tegal Tahun 2016, Selasa (12/04), kemarin. Sebanyak  6.000 pincuk ponggol dan 6.000 telor asin yang disediakan Pemerintah Kota Tegal secara cuma-cuma alias gratis di Alun-alun Kota Tegal sisi utara langsung habis hanya dalam hitungan menit.
Warga dengan tertib antri untuk mendapatkan ponggol satu pincuk dibungkus daun pisang yang sudah dijadikan satu dengan telor asin sebagai lauk dan air mineral menggunakan plastik kresek putih ukuran kecil.
“Ponggol kita anggap ikon Kota Tegal dan telah menjadi makanan khas Tegal yang ditempat lain tidak ada, dan di dalamnya ada telor itik yang diambil dari kelompok tani ternak itik di Kelurahan Pesurungan Lor, yang notabene telah menjadi juara pertama tingkat Provinsi Jawa Tengah. 
Produksi telor itik di Kelurahan Pesurungan Lor merupakan produksi telor itik terbesar di Jawa Tengah,” ungkap Plt. Kepala Bagian Umum Setda Kota Tegal Heru Prasetya, selaku penangungjawab acara Pesta Ponggol  dan Masakan Telor Itik.
Pesta Ponggol dan Aneka Masakan Telor Itik yang digelar menyediakan 6.000 ponggol dan 6.000 telur itik di Alun-alun, sedangkan di Pendopo Ki Gede Sebayu sebanyak 1.000 ponggol dan 1.000 telur itik.
“Harapannya seluruh masyarakat Kota Tegal merasakan dapat ikut memeriahkan kegiatan Hari Jadi Kota Tegal ini,” ungkap Heru.
Salah seorang warga Kota Tegal Sudirno (50) mengaku senang mendapatkan nasi ponggol dan telor asin yang dibagikan oleh Pemkot Tegal. “Senang dapat ponggol makanan khas Tegal. Isinya nasi, ponggol, sambal goreng dan lauknya telor asin,” ungkap Sudirno yang berpakaian khas jawa. tio(r)

Share this article :