Home » , » TMMD Siap Membuka Akses Jalan Pedukuhan

TMMD Siap Membuka Akses Jalan Pedukuhan

Written By suara rakyat on Monday, April 25, 2016 | 1:29 PM

Paguyangan, (suararakyattegal.com) - TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-96 sengkuyung I tahun 2016 pada awal bulan Mei mendatang akan dilaksanakan. Warga Desa Ragatunjung Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, mendapatkan sosialisasi oleh TNI Dan Dinas terkait yang digelar di Aula Desa setempat, baru-baru ini.
Kepala Desa Ragatunjung, Masduki SE merasa berterima kasih kepada pemerintah bahwa desanya tahun ini mendapat program TMMD yang sangat membantu untuk peningkatan pembangunan didesanya, dan selain TMMD desanya telah mendapatkan sederetan bantuan program dari pemerintah daerah, propinsi dan pusat dengan total bantuan ditahun 2016 ini total mencapai hampir 11 milyard lebih, katanya.
Kepala DPU dan Tata Ruang Kabupaten Brebes melalui Kabid Pengembangan Insprastruktur Wilayah, Apriyanto S menjelaskan, untuk prapelaksanaan TMMD, Mayarakat perlu untuk mendapatkan sosialisasi.
Sosialisasi ini bertujuan dalam pelaksanaannya nanti agar mereka dapat memahami dan menerima bekerjasama dengan pihak TNI untuk bersama-sama membagun fisik maupun non fisik serta insprastruktur yang dibutuhkan warga.
Diungkapkan Apriyanto bahwa program TMMD ini merupakan Sinerginitas antara Pemda, TNI dan warga masyarakat guna membuka akses jalan antar pedukuhan maupun infrastruktur yang belum terkafer, dan pihaknya berharap  dengan  hasil TMMD nanti dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat setempat, ungkapnya.
Hal senada disampaikan Kodim 0713 Brebes melalui Pasiter Kapten Inf Silahuddin mengatakan,  TMMD merupakan program TNI secara Nasional yang diluncurkan pada sertiap tahun, sedangkan lokasi pelaksanaan TMMD yang dipilih oleh Kodim 0713 Brebes sesuai rencana yang diajukan ke Komando atas akan dilaksanakan diwilayah Kabupaten Brebes tepatnya di 2 lokasi yaitu, di desa wilayah kecamatan Paguyangan dan desa diwilayah kecamatan Banjarharjo.
Lebih lanjut dijelaskan persiapan TMMD Ke-96 Kodim 0713 Brebes sudah mulai kelihatan, warga Desa Ragatunjung yang telah membantu membersihkan jalan yang akan menjadi akses jalan pedukuhan dan menyediakan sarana bagi anggota TNI yang akan ditugaskan dalam TMMD nanti.
Adapun sasaran TMMD ke-96 Kodim Brebes yang akan dikerjakan tersebut terdiri dari 4 sasaran fisik diantaranya rencana membuka akses jalan pedukuhan, sepanjang 1.473 Meter dengan lebar 2 Meter, talud sepanjang 197 Meter dengan ketinggian rata-rata 1 Meter, satu buah  jembatan dan beberapa bangunan poskamling selain itu membangun sarana fisik maupun  non fisik lainnya, juga memberikan pelayanan pembuatan SIM, Akte lahir serta nikah massal, ujarnya.
Ditambahkan Silahuddin, pelaksanaan TMMD akan dilaksanakan secara Nasional mulai tanggal 3 Mei - 2 Juni 2016 mendatang. Mengingat waktu yang tersedia, dengan sasaran yang akan dibangun maka Kodim 0713 Brebes sejak April kemarin sudah mulai menggelar Pra TMMD dengan tujuan agar hasil yang dicapai sesuai target nantinya.
“Saya berharap agar pekerjaan ini harus selesai tepat pada waktunya dan memiliki kualitas yang terbaik”, pungkas Silahuddin.
Acara sosialisasi tersebut dihadiri perwakilan Kodim 0713 Brebes, perwakilan Bappeda, dan DPUTR Kabupaten Brebes, Muspika Paguyangan serta  Perangkat Desa, unsur BPD, seluruh ketua RT/RW, Tokoh masyarakat, tokoh agama setempat. imam(r)

Share this article :