Home » , » Bupati Idza Ajak Kepala Desa Terpilih Terapkan Kepemimpinan Alam Raya

Bupati Idza Ajak Kepala Desa Terpilih Terapkan Kepemimpinan Alam Raya

Written By suararakyat on Tuesday, May 10, 2016 | 2:28 AM

Brebes, (suararakyattegal.com) - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE mengajak kepada Kepala Desa yang baru dilantik untuk menerapkan kepemimpinan alam raya. Dalam artian menyerap sifat-sifat kebaikannya dari fenomena alam yang setiap hari melingkupi kehidupan manusia.
“Berbagai sifat kepemimpinan Hasta Brata, surya, candra, kartika, angkasa, maruta,  samudera, dahana, dan Bumi sangat baik sifat kebaikannya dan bisa dicontoh oleh kita,” ajak Bupati mengambil sumpah dan pelantikan kepala desa serentak di Islamic Center Brebes, Senin (9/5)kemarin.
Disamping itu, Idza berpesan agar kepala desa yang baru dilantik mampu bekerja dan melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh serta penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugasnya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 
”Saya juga berharap agar Kades bisa membangun kemitraan dengan seluruh elemen masyarakat, termasuk dengan Badan Perwakilan Desa,” ajaknya.
Yang tidak kalah penting, kata Idza, Kepala Desa harus menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desa, baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat desa secara keseluruhan. Sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian desa baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi. Terlebih desa telah diberi kewenangan untuk mengelola dana desa yang jumlahnya cukup besar,  dengan alokasi dasar sebesar Rp 565.640.000,-” ujarnya.
Dan agar dapat mengelola dana desa dengan baik, dia meminta pada kepala desa untuk senantiasa mempelajari, memahami dan berpegang teguh pada peraturan yang ada. ”Jangan sampai menabrak aturan, agar terhindar dari masalah hukum di kemudian hari,” ucapnya mengingatkan.
Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Brebes M Amrin Alfi Umar menjelaskan, pelantikan dibagi dalam tiga wilayah yakni wilayah utara, tengah dan selatan yang telah melaksanakan Pilkades Serentak pada 17 April 2016 lalu.
Untuk wilayah utara, dilantik 12 Kepala Desa yang meliputi Kecamatan Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung, Losari. 
Pelantikan ditandai dengan penyematan tanda jabatan pada masing-masing dada kepala Desa oleh Bupati Brebes. 
Ribuan pendukung dari masing-masing tumpah ruah diluar arena pelantikan, sementara undangan resmi berada di arena dalam Islamic Centre. Suasa berjalan hikmat dan meriah usai pelantikan seraya bersalam-salaman dan foto selfi bareng Bupati dan wakil bupati. tio(r)



Share this article :