Home » , » Safari Ramadhan, SMK ISTEK Gandeng Yamaha dan BNN

Safari Ramadhan, SMK ISTEK Gandeng Yamaha dan BNN

Written By suara rakyat on Friday, June 10, 2016 | 12:15 AM

Tegal, (suararakyattegal.com) - Bulan puasa ramadhan merupakan bulan penuh  hikmah, oleh karena itu banyak orang muslim berlomba-lomba berbuat kebajikan. Seperti halnya yang dilakukan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam Teknologi (Istek) Kaligangsa Kota Tegal yang bekerjasama dengan Yamaha Krandon Tegal dengan konsep Safari Ramadhan
yang di dalamnya yakni, menggelar acara edukasi teknologi, pemaparan tentang bahayanya narkoba dan tausiyah.
Hal itu dikatakan Kepsek SMK Istek Kota Tegal Drs Tulus Siswanto melalui Ketua Panitia Safari Ramadhan Nur Kholil SPd saat ditemui di sekolahnya, Kamis (9/6) kemarin.
Menurut Kholil, kerjasama Yamaha dengan SMK Istek kaitanya dengan produk yang ditawarkan. Selain itu juga tentang pembelajaran atau edukasi teknologi, juga tentang keselamatan berkendara, dan tentang test drive atau belajar mengendara yang rutenya di jalan sekitar sekolah.
“Memang kegiatan tersebut sponsornya dari Yamaha, yakni edukasi teknologi, bahayanya narkoba dan tausiyah islam terhadap siswa. Selain itu, kaitan kerjasama ini ke depannya kami bisa menyalurkan siswa setelah lulus nanti ke Yamaha,” kata Kholil.
Sementara lanjut Kholil, selain edukasi dari Yamaha siswa juga mendapat pemaparan tentang bahayanya narkoba pada kalangan pelajar, yang disampaikan langsung oleh Ketua Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tegal Jaka melalui Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Nasrudin.
“Hal itu supaya siswa tahu dan mengerti tentang bahayanya narkoba. Karena narkoba sudah sangat merugikan dan berbahaya jika dikonsumsi, sebab dapat mengakibatkan pemakainya itu ketagihan dan bahkan bisa meninggal dunia jika terjadi over dosis (OD),” jelasnya.
Dan acara yang terakhir, tambah Kholil, yakni pemberian ceramah atau tausiyah keagaman bagi siswa-siswi Istek. Dengan pembicara langsung dari Brebes yaitu Ustad Dirjo.
“Tausiyah tersebut, kami dalam kegiatan Safari Ramadhan ini sengaja mengundang kyai atau ustad guna memberikan siraman dan santapan rohani bagi siswa-siswi kami di bulan ramadhan ini,” ungkapnya.
Sementara, General Manager (GM) Yamaha Krandon Kota Tegal Agus Rahmat   menambahkan, semua rentetan acara memang sudah dipersiapkan jauh sebelumnya. Bahkan nantinya akan digelar empat kali di tiga kota selama bulan puasa ini.
“Kami akan menggelar acara yang sama tersebut empat kali dan dilaksanakan di tiga kota, seperti Kota Tegal di SMK ISTEK dan SMK Dinamika, Slawi Kabupaten Tegal dan Brebes. Untuk Slawi dan Brebes sementara belum kami pastikan akan diselenggarakan di sekolah mana,” kata Agus.

Sedangkan masud dan tujuan konsep Safari Ramadhan ini, lanjut Agus, dari Yamaha sendiri mengambil konsep edukasi teknologi, keselamatan berkendara dan test drive bagi siswa. Karena terjadinya kecelakaankebanyakan dari para remaja atau siswa sekolah, maka dari itu konsep tersebut yang diambil.
Selain itu, Agus melanjutkan, konsep lainya yakni merangkul BNN guna memberikan pembelajaran dan pengetahuan terhadap para siswa tentang bahayanya penggunaan narkotika. Serta konsep lainnya yakni mengundang ustad guna memberikan tausiyah terhadap siswa.
“Kami berharap dengan dilaksanakannya kegiatan safari ramadhan ini, bisa bermanfaat bagi sekolah dan lebih khususnya kepada siswa guna menambah wawasan ataupun pengetahuan yang kami berikan,” pungkasnya.her(r)

Share this article :