Home » , » Tanggulangi Kemiskinan Bupati Gandeng Para Ulama

Tanggulangi Kemiskinan Bupati Gandeng Para Ulama

Written By suara rakyat on Friday, June 17, 2016 | 11:14 AM

Tonjong, (suararakyattegal.com) - Angka kemiskinan yang masih tinggi di Kabupaten Brebes, membuat Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE harus bekerja keras. Berbagai langkah terus dilakukan untuk mengentaskan kemiskinan termasuk mengajak kepada para Ulama di Kabupaten Brebes untuk bersama-sama menanggulangi kemiskinan. 
“Saya mengajak kepada para Ulama di Kabupaten Brebes untuk bersama-sama menanggulangi kemiskinan,” ajak Bupati saat menggelar Safari Jelajah Desa Hebat (Sajadah) Ramadhan 1437 Hijriyah di Masjid Baitul Rokhim Desa Kalijurang Kecamatan Tonjong, belum lama ini.
Menurut Idza, ulama sangat ampuh dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Brebes. Pasalnya, dari berbagai nasehat serta upaya kongkret yang telah dilakukan para ulama. “Saya yakin, dengan fatwa para ulama mampu mendorong umat untuk berbuat yang terbaik bagi sesamanya. Termasuk dalam menggiatkan umat mengentaskan kemiskinan,” ucapnya.
Selama ini, lanjutnya, ulama telah berperan banyak dalam membantu pembangunan Kabupaten Brebes, khususnya pembangunan rohani, pembangunan sumber daya manusia. Kemiskinan, tidak hanya karena kurangnya ketersediaan pekerjaan, tetapi juga terjadi karena sikap mental. Untuk itu, peran ulama sangat penting untuk membangkitkan semangat berkarya, membebaskan diri dari belenggu kemiskinan. “Brebes telah menjadi daerah yang agamis, dinamis, guyub. Saya yakin kemiskinan di Brebes bisa ditanggulangi dengan cepat,” tuturnya.
Idza menargetkan tiga bulan untuk mengentaskan kemiskinan di Kota Bawang ini. Angka kemiskinan di Brebes berdasarkan data statistic tahun 2014 masih ada 20 persen penduduk Brebes yang miskin. “Tahun 2016, kami menargetkan bisa turun menjadi 15-16 persen,” tekadnya.
Bupati juga menyebut pada tanggal 22 oktober sebagai Hari Santri Nasional telah membuktikan peran ulama sangat besar dalam pembangunan bangsa. “Kita jadi santri dari para ulama yang telah membuat sentuhan dan motivasi yang kuat dalam membangun bangsa,” tandasnya. 
Pembangunan sumber daya manusia, lanjut Idza, terbukti juga telah memutus mata rantai kemiskinan. “Mari, selama tiga bulan kita kurangi angka kemiskinan dan harus dibantu semua pihak, para tokoh agama.,” pungkasnya.
Gelaran Sajadah di isi dengan ceramah agama oleh Hj Nurkhikmah dari Tonjong. Dia memaparkan arti pentingnya silaturahmi, penyakit rohani dan jasmani.
Hadir dalam kesempatan tersebut, staf ahli Bupati bidang kesra Dra Hj Lely Mulyani, para Kepala SKPD, Kabag Humas dan Protokol Ratnawati SSos, Camat Tonjong Sumarno dan undangan lainnya. imam(r)

Share this article :