Home » , » Warga NU Desa Kalijurang Tonjong Prioritaskan Sifat Keguyuban

Warga NU Desa Kalijurang Tonjong Prioritaskan Sifat Keguyuban

Written By suara rakyat on Saturday, June 25, 2016 | 2:08 AM

Tonjong, (suararakyattegal.com) - Sifat keguyuban yang dimiliki sebagian warga Nahdiyin yang ada di Desa Kalijurang  Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes telah dapat menghasilkan wujud kerja nyata dalam bentuk pembangunan gedung serbaguna Nahdlatul Ulama (NU) secara swadaya murni. Hal ini diakui Tarsun selaku kepala desa (Kades) setempat, saat ditemui pada acara santunan anak yatim piatu oleh Pemda Brebes didalam gedung tersebut, belum lama ini.
Kades Kalijurang Tarsun mengatakan, warganya mayoritas adalah kaum Nahdiyin dengan kegotongroyongannya yang sangat kental sehingga bisa mewujudkan dan merampungkan keinginannya untuk membangun gedung pertemuan serbaguna NU didesa secara permanen,dan sampai-sampai ada warga yang ikhlas mengamalkan/mewakafkan  tanahnya untuk kepentingan NU, katanya.
Tarsun menambahkan, lokasi bangunan gedung pertemuan tersebut ditepi jalan desa dibangun diatas tanah wakaf dan sebagian dapat membeli, lahan yang masih luas dalam satu lokasi, rencananya dilokasi tersebut akan dijadikan pusat kegiatan umum baik pendidikan maupun keagamaan, ungkap Tarsun.
Sementara Panitia pelaksana pembangunan Kasmad menjelaskan, pembangunan gedung tersebut dibangun diatas tanah waqaf dengan luas bangunan 25 x 13 Meter, serta bangunan kantor kesekretariatannya 4 x 6 Meter, semuanya dibangun dengan biaya swadaya murni dari masyarakat Desa Kalijurang. Dengan cara terkumpulnya dana melalui cimitan beras setiap bulannya sebanyak 2 kilogram tiap kepala keluarga yang tersebar di 7 diwilayah rukun warga (RW) serta bantuan dari donartur warga pribumi yang  usahanya berhasil diluar Kota, perampungannya baru sekitar 95 persen dan rencana gedung tersebut selesai akan diresmikan oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE.
“Insya allah gedung tersebut rampung pada awal 2017 dan akan diresmikan oleh Ibu Idza Priyanti SE selaku Bupati Brebes,”  jelas panitia dengan nada semangat. imam(r)

Share this article :