Home » » Calon Jamaah Haji Kabupaten Brebes Meningkat

Calon Jamaah Haji Kabupaten Brebes Meningkat

Written By suara rakyat on Wednesday, July 20, 2016 | 10:59 PM

Bumiayu, (suararakyattegal.com) - Ratusan  calon haji (calhaj) dari Kecamatan di wilayah Kabupaten Brebes bagian selatan, mendapat  bimbingan manasik haji yang digelar oleh msing-masing Kantor Urusan Agama (KUA) setempat. 
Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk membekali calhaj tentang tata cara melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah. Manasik diberikan kepada calhaj agar calon haji nantinya dapat melaksanakan ibadah haji dengan benar.
Camat Bumiayu, Urip Rasidiq SIP mengharapkan, seluruh calhaj bisa menerima serta memahami materi yang diberikan oleh para tutor yang ditunjuk oleh Kantor Kementerian Agama RI, agar nantinya tidak merasa kebingungan dalam melaksanakan ibadah ditanah suci, harap Camat Bumiayu yang membuka acara bimbingan manasik haji 2016 digelar di aula pendopo 2 bumiayu, oleh KUA Kecamatan Bumiayu, belum lama ini.
Urip juga berpesan agar jamaah calhaj selalu menjaga kesehatannya, karena pelaksanaan ibadah haji membutuhkan kekuatan fisik. "Kondisi kesehatan yang baik akan sangat mendukung dalam pelaksanaan ibadah haji yang banyak mengeluarkan energi fisik," ucapnya.
Plt Kepala KUA Bumiayu, Zeni SPdi, dalam sambutannya menjelaskan, bimbingan manasik haji dilaksanakan selama sepekan, yakni mulai tanggal 13 hingga 20 Juli 2016, dengan materi teori dan praktek. Para calhaj umumnya pemula atau baru pertama kali akan melaksanakan ibadah haji, sehingga perlu mendapatkan bimbingan secara intensif. Dan bimbingan manasik  tingkat kecamatan ini digelar oleh KUA se-Kabupaten Brebes secara serentak. 
Lebih lanjut Zeni mengatakan, jumlah calhaj di Kecamatan Bumiayu tahun ini yang akan diberangkatkan mencapai 80 calhaj, jumlah calhaj ini masih stabil dengan tahun-tahun sebelumnya.
Selain dikecamatan Bumiayu  diperoleh data jumlah calhaj di kecamatan Paguyangan 67 orang, kecamatan Tonjong 46, Sirampog 46 Bantarkawung 51 dan Salem 61 orang. Menurut sumber jumlah calhaj dari tahun ketahun diwilayah Kabupaten Brebes bagian selatan mengalami peningkatan, hal itu dikarenakan animo masyarakat sangat besar dalam menunaikan rukun islam yang kelima ini. imam(r)


Share this article :