Home » , » Jalur Alternatif Tegal – Purwokerto Putus Total

Jalur Alternatif Tegal – Purwokerto Putus Total

Written By suara rakyat on Tuesday, July 19, 2016 | 3:20 AM

Paguyangan, (suararakyattegal.com) - Jalur alternatif yang digunakan untuk pengalihan kendaraan pada saat jalan raya propinsi Tegal-Purwokerto mengalami kemacetan, kini jembatan yang berada diatas sungai kecil Kaliwadas mengalami putus total. Musibah putusnya jembatan tersebut notabene karena kelebihan kapasitas tonase yang melintasi jembatan tersebut. Jembatan itu letaknya berada di desa Dukuh lo, tepatnya di tugu perbatasan antara Desa Pagojengan dengan Desa Taraban Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Jumat (15/7) kemarin.
Melihat kondisi jembatan yang putus tersebut, sehingga tidak dapat dilalui oleh semua jenis kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Jembatan yang berukuran 2x2 meter itu badan jalan dan lempengannya jembatan  mengalami ambles total kebawah ke permukaan air sungai.

Suharto kepala UPTD PU Taru Bumiayu mengatakan, saat ini tim DPU  tengah melakukan penangan sementara terhadap jembatan yang  ambles itu, dan  pihaknya akan melakukan pembongkaran patahan jembatan dan selanjutnya bersama BPBD kabupaten Brebes akan membuat jembatan darurat diatas jembatan yang putus itu.
Menurutnya, upaya ini sebagai langkah tanggap darurat mengingat pentingnya jembatan tersebut untuk akses mobilitas warga khususnya dari 2 desa, yakni desa Pagojengan dan Taraban.
Camat Paguyangan Achmad Hermanto SIP, membenarkan adanya bencana alam berupa putusnya jembatan penghubung antara desa Pagojengan dengan desa Taraban.

Dijelaskan camat putus dan amblesnya jembatan itu disebabkan oleh terkikis air  sungai kaliwadas dan kondisi bangunan jembatan yang sudah tua, serta jembatan tersebut sebagai alternatif  bagi  ratusan  kendaraan para pemudik saat jalan utama mengalami kemacetan, jelasnya.
Atas kejadian tersebut, pihaknya telah melaporkan ke BPBD Brebes dan Bupati Brebes. Selang sehari kemudian Bupati Brebes Hj Idza Priyanti bersama SKPD terkait melakukan peninjauan langsung kelokasi tersebu, imam(r)


Share this article :