Home » , » Kesbangpol Brebes Himbau Masyarakat Agar Lebih Komunikatif

Kesbangpol Brebes Himbau Masyarakat Agar Lebih Komunikatif

Written By suara rakyat on Thursday, July 21, 2016 | 12:00 AM

Sirampog, (suararakyattegal.com) - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Brebes, menggelar sosialisasi giat komunikasi, konsultasi dan kerjasama lembaga, terkait kelembagaan dan intelkam kepada tokoh masyarakat yang digelar di aula kantor kecamatan sirampog, Selasa (19/7) kemarin.
Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten, Brebes Komar SE mengatakan, tujuan sosialisasi tersebut agar masyararakat untuk ikut aktif menyampaikan informasi masalah keamanan dan ketertiban, serta untuk mendeteksi dini terhadap adanya gangguan keamanan di masing-masing wilayahnya sehingga dapat meningkatkan keamanan yang berkesinambungan. 
"Warga agar secepatnya sampaikan informasi terkait instabilitas atau gangguan keamanan, diwilayahnya agar wilayah yang sudah aman lebih ditingkatkan lagi" ujarnya dihadapan peserta yang terdiri dari para Kepala Desa, Ketua BPD, Tokoh Masyarakat dan lainnya.
Lebih lanjut Komar mengungkapkan, informasi itu dapat disampaikan kepada pemerintah desa atau juga langsung kepada aparat keamanan baik Polsek maupun Koramil atau melalui petugas yang ada. Informasi dari masyarakat sangat penting untuk deteksi dini adanya gangguan keamanan. Oleh karena itu masyarakat akan dilibatkan dalam jaringan informasi keamanan dalam bentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). Adanya keterlibatan masyarakat akan sangat efektif dalam menjaga stabilitas keamanan dan kondusivitas lingkungannya, ungkap dia.
Kapolsek Sirampog, AKP Widiaspo SH yang menjadi salah satu nara sumber dalam kegiatan tersebut juga mangajak seluruh instansi dan juga masyarakat untuk membangun komunikasi dengan aparat keamanan.
Adanya sinergitas dengan seluruh pihak baik instansi pemerintah dan juga masyarakat, akan cukup efektif untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. Selain itu Instansi dan  masyarakat dapat langsung menginformasikan kepada pihak keamanan jika ada hal-hal yang mencurigakan dan dapat mengganggu masalah keamanan, ujar Widiaspo.
Hal senada dikatakan Danramil Sirampog, Kapten Inf Harsono juga mengingatkan agar masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan provokasi dari pihak luar. Masyarakat juga dingatkan untuk cinta dan mempertahankan budaya negerinya sendiri yang lebih arif dari pada budaya dari luar, serta mempertahankan keutuhan NKRI  
Sementara Camat Sirampog, Munaedi SH dalam sambutannya juga menegaskan bahwa selama ini kondisi lingkungan di Sirampog cukup aman dan kondusif. Hampir tidak ada gangguan keamanan yang menonjol dan itu sebagai bukti adanya kesadaraan masyarakat yang tinggi.
"Kami sampaikan terimakasih kepada masyarakat yang selama ini telah ikut serta menciptakan iklim yang kondusif," tandasnya.imam(r)


Share this article :